Kompas TV regional berita daerah

Penambang Tewas Terapung di Danau Kawah Ijen

Senin, 18 Januari 2021 | 22:47 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Penambang belerang yang hilang terbawa gelombang Danau Kawah Gunung Ijen akhirnya ditemukan pada Sabtu (30/05).

Korban ditemukan terapung di permukaan danau kawah dengan kondisi sudah tak bernyawa lagi. Korban adalah Andika, usia 61 tahun, warga Desa Blambangan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Proses evakuasi jasad korban sempat direkam oleh tim SAR. Dalam rekeman video terlihat jasad korban dievakuasi menggunakan kendaraan troli pengangkut belerang dari atas gunung hingga ke Pos Bunder.

Korban pertama kali ditemukan oleh teman korban, yang sekaligus penambang dan pengawas sulfur, yakni Arifin. Arifin saat itu melihat tubuh korban terapung di tengah danau Kawah Ijen atau 150 meter dari lokasi awal korban hilang.

Arifin kemudian langsung berenang menuju jasad korban dan menolongnya menggunakan tali. Jasad korban diikat tali lalu ditarik ke pinggir danau.

Korban merupakan penambang belerang yang bekerja di PT Candi Rimbi Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Sebelumnya, ia dilaporkan hilang setelah ditelan gelombang danau Kawah Gunung Ijen, setinggi 3 meter pada Jumat kemarin (29/05).

Fenomena gelombang buble, yang mirip dengan tsunami, terjadi setelah adanya dentuman keras dari dasar Kawah Gunung Ijen.

#GunungIjen #PenambangBelerang #Banyuwangi

Penulis : KompasTV Jember


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:47
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   NASA DAN BOEING UJI ROKET SUPER KUAT UNTUK MISI ARTEMIS KE BULAN   AS TERBANGKAN PESAWAT PENGEBOM B-52 KE TIMUR TENGAH   BRASIL BERI IZIN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA BUATAN SINOVAC DAN OXFORD-ASTRAZENECA   KAPASITAS TEMPAT TIDUR DI RSD WISMA ATLET KEMAYORAN, JAKARTA UTARA, TERSISA 17%   KETUA DPRD DKI PRASETYO EDI MARSUDI BUKA KEMUNGKINAN PSBB DI JAKARTA DIPERPANJANG   PENUTUPAN GEDUNG DPRD DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 25 JANUARI 2021   KETUA PMI JUSUF KALLA AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR DARAH PLASMA KONVALESEN GUNA KURANGI PENYEBARAN KORONA   SATGAS COVID-19: HATI-HATI TERIMA KIRIMAN PAKET BISA BERISIKO TERJADI PENULARAN KORONA   HINGGA PENCARIAN HARI KE-10, SEBANYAK 310 KANTONG BERISI POTONGAN TUBUH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DIEVAKUASI   KEJAGUNG PERIKSA 4 SAKSI DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI PT ASABRI PERIODE 2012-2019   POLRI PERIKSA 23 SAKSI DALAM PENYELIDIKAN KASUS DUGAAN PENIPUAN PT JOUSKA   MARET 2021, KEMENRISTEK AKAN BERIKAN BIBIT VAKSIN MERAH PUTIH KEPADA BIO FARMA   MENAKER IDA FAUZIYAH BELUM TERIMA PERINTAH SALURKAN SUBSIDI GAJI TAHUN INI