Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penularan Covid-19, Tradisi Lopisan Ditiadakan

Kompas.tv - 31 Mei 2020, 23:58 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Perang melawan covid 19 di berbagai wilayah , membuat banyak acara maupun tradisi yang melibatkan banyak orang dibatalkan. salah satunya tradisi lopis raksasa atau syawalan di kelurahan krapyak , kota pekalongan, Jawa Tengah (31/5/2020). tradisi yang sudah turun temurun ini ditiadakan guna menghindari penyebaran virus korona.

Namun meski sudah dibatalkan, masih banyak warga yang berusaha memasuki krapyak dengan berbagai alasan. petugas gabungan dari tni, polri, dinas perhubungan, dinas kesehatan dan lain-lainya terpaksa menyekat akses menuju ke kelurahan krapyak. siapa saja yang hendak memasuki krapyak harus memperlihatkan identitas diri seperti ktp. jika ktpnya bukan warga setempat, maka tidak diijinkan masuk. Sedangkan bagi yang diijinkan masuk juga harus menjalani pemeriksaan suhu badan dan dicatat data dirinya.

Ditiadakanya tradisi lopisan ini, menjadi berkah bagi para pedagang lopis biasa yang berjejer di sepanjang jalan menuju krapyak, yang akhirnya membuat warga membeli lopis mereka karena tak bisa masuk.

Bagi yang ingin tetap bersilaturahmi dengan keluarganya di krapyak ini, petugas menyarankan agar dilakukan di lain waktu dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

#Covid-19 #Pekalongan #TradisiLopisan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x