Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Peringatkan Ancaman Ledakan Virus Corona Gelombang Kedua

Sabtu, 30 Mei 2020 | 21:20 WIB
who-peringatkan-ancaman-ledakan-virus-corona-gelombang-kedua
Mike Ryan, Direktur eksekutif Organisasi Kesehatan Dunia WHO (Sumber: VOANEWS)

KOMPASTV - Direktur eksekutif Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memperingatkan bahwa dunia tetap berada di tengah-tengah wabah virus corona ketika negara-negara terus berjuang untuk menahannya dan banyak negara juga dengan cepat membuka kembali roa perekonomian ketika kasusnya masih meningkat.
 
“Kami sebut kini tepat di tengah gelombang pertama secara global, kata Dr. Mike Ryan seperti melansir Voanews, Sabtu (30/5/2020). 

"Kami masih sangat dalam fase, di mana penyakit ini sebenarnya sedang dalam perjalanan, (ke tahap selanjutnya)"
 
Ryan mengatakan, kasus meningkat di Amerika Selatan, Asia Selatan dan di daerah lain bisa dijadikan contoh. 

“Penyakit ini dapat melonjak kapan saja” dan memperingatkan Amerika Utara, Eropa, Asia Tenggara dan bagian lain dunia untuk tidak mengendurkan aturan terkait pengendalian corona atau covid-19 yang terlalu cepat," seru Ryan.
 
Ryan, yang mengepalai program kedaruratan WHO, mengeluarkan peringatan akan ancaman gelombang kedua kasus corona.

Komentar Ryan tentu mengurangi harapan untuk pemulihan ekonomi cepat di seluruh dunia dan perjalanan internasional yang tengah memulai New Normal.
 
Dia berbicara Senin ketika Amerika Serikat, pemimpin dalam infeksi coronavirus dan kematian, melihat kerumunan besar orang mengepak kembali ruang publik yang dibuka kembali seperti pantai dan taman nasional.

India kini terus berjuang dengan lonjakan kasus virus corona

Brasil juga telah muncul sebagai hot spot Covid-19, hanya tertinggal A.S. dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi, dengan hampir 375.000, menurut statistik Universitas Johns Hopkins.
 
Kementerian kesehatan Brazil mengatakan pada hari Senin bahwa COVID-19 membunuh 807 orang dalam 24 jam sebelumnya. Korban tewas satu hari di AS adalah 620.

Puncak kedua virus corona diproyeksikan terjadi dengan ciri-ciri temuan kasus positif Covid-19 masih tinggi, namun ada lonjakan tajam infeksi virus corona yang muncul secara tiba-tiba.

Penulis : Ade Indra Kusuma

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:59
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020