Kompas TV regional berita daerah

Rumah Lanting, Warisan Budaya Masyarakat Pesisir Sungai di Banjarmasin yang Mulai Hilang

Jumat, 29 Mei 2020 | 19:24 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Rumah lanting, inilah bentuk lain rumah khas sebagian masyarakat pesisir sungai kota seribu sungai, Banjarmasin.

Ini adalah rumah apung,  yang kini sudah sangat jarang dimiliki warga.

Bentuk rumah berrakit ini umumnya sederhana, tidak  seperti rumah khas banjar lainnya yang memiliki beragam bentuk unik.
kini hanya beberapa warga saja yang masih menggunakan rumah lanting sebagai tempat tinggal.

Kebanyakan warga, memilih mendirikan  rumah panggung yang lebih permanen.

Sulitnya perawatan dan dana yang  untuk mengganti bahan atau material pengapung rumah lanting  seperti kayu gelondongan ataupun bambu dalam jumlah banyak menjadi alasan.

Apalagi umur pakainya tak seawet rumah kayu di darat  yang bisa mencapai puluhan tahun.

Di Banjarmasi, rumah  lanting masih  tersisa di kawasan bantaran sungai martapura, kelurahan pasar lama dan kampung sasirangan seberang masjid.

satu diantaranya lanting milik saibani, yang saat ini sedang di perbaiki.

Ia mempertahankan rumah lanting  ini sebagai warisan kebudayaan turun temurun keluarga yang patut dijaga kendati sudah memiliki rumah lain di darat.

Ketua lembaga kajian sejarah, sosial dan budaya Kalimantan, Mansyur menilai hal ini juga dipicu perubahan transportasi sungai ke darat, lantaran pemikiran masyarakat  justru berorientasi ke darat.

Pengamat sejarah ulm Banjarmasin ini menyarankan agar  pemerintah menyusun aturan penataan dan pelestarian rumah lanting agar tidak hilang.

Misalnya pengorganisasian pembangunan rumah dalam satu wilayah di pinggiran sungai martapura yang ramah lingkungan dan tidak mengabaikan aspek kesehatan dan sanitasi.

Jika aturan penataan dan pelestarian rumah lanting dirangkum dalam perda yang memiliki payung hukum,   keberadaan rumah   lanting yang terorganisir   dengan baik  dapat  memberikan potensi wisata baru bagi   masyarakat sebagai pelengkap  wisata air yang akan dikembangkan oleh pemerintah.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19