Kompas TV internasional kompas dunia

Ilmuwan China Sukses Uji Coba Vaksin Virus Corona yang Hasilkan Antibodi 14 Hari

Kamis, 28 Mei 2020 | 17:52 WIB
ilmuwan-china-sukses-uji-coba-vaksin-virus-corona-yang-hasilkan-antibodi-14-hari
Ilustrasi vaksin virus corona (Sumber: Fresh Daily)

KOMPASTV - Sebuah vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh ahli virologi militer di China telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji klinis awal.

Mengutip South China Morning Post, Kamis (28/5/2020) vaksin corona yang dikembangkan para ilmuwan China diberitakan berhasil memicu respons sistem kekebalan pada lebih dari seratus orang dewasa yang sehat.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet mengatakan uji coba fase pertama dari vaksin yang dikembangkan oleh Akademi Ilmu Kedokteran Militer dan CanSino Biologics diklaim aman.

Baca Juga: Jubir Achmad Yurianto: Belum Ada Vaksin Covid-19, Jangan Sampai Tertular!

“Hasil ini merupakan tonggak penting. Percobaan menunjukkan bahwa dosis tunggal [vaksin] menghasilkan antibodi spesifik virus dan sel T dalam 14 hari, menjadikannya kandidat potensial untuk penyelidikan lebih lanjut. Namun, hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati.

Tantangan dalam pengembangan vaksin Covid-19 belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemampuan untuk memicu respons kekebalan ini tidak selalu menunjukkan bahwa vaksin tersebut akan melindungi manusia dari Covid-19,” seru Mayor Jenderal Chen Wei, ilmuwan yang memimpin penelitian.

Vaksin ini menggunakan versi lemah dari adenovirus tipe 5 (Ad5), yang merupakan virus flu biasa, sebagai vektor untuk mengirimkan bahan genetik dari Sars-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid 19, untuk menginduksi respon imun dari penerima.

Editor : Ade Indra Kusuma

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Aksi Massa Tuntut Erick Thohir Mundur

Kamis, 24 September 2020 | 03:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:52
KEMENAG BERHARAP ARAB SAUDI MEMASUKKAN INDONESIA DALAM DAFTAR NEGARA YANG BOLEH MEMBERANGKATKAN JEMAAH UMRAH   DINYATAKAN MELANGGAR KODE ETIK, KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO: SAYA SIAP MENERIMA KONSEKUENSI KEPEGAWAIAN   DEWAS KPK MENYATAKAN KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO BERSALAH MELANGGAR KODE ETIK PEMBERITAAN    MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   GUBERNUR BALI I WAYAN KOSTER KEMBALI BATASI MASYARAKAT SETELAH ADA KLASTER BARU DARI UPACARA ADAT DI BADUNG, BALI   BAWASLU: PKPU PERUBAHAN MENGATUR TAK ADA KONSER MUSIK, ULANG TAHUN PARTAI, BAZAR, PERGELARAN SENI PADA PILKADA 2020   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT