HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature viral

Penemu Listrik Cilik, Rebutan Dan Ancaman

Kamis, 28 Mei 2020 | 13:49 WIB
penemu-listrik-cilik-rebutan-dan-ancaman
(Sumber: -)

Ternyata bukan hanya negeri ini yang sempat melihatnya. Setidaknya ada tiga   negara yang diam - diam melirik siswa  yang pada usia 11 tahun, berhasil menemukan listrik dari cara yang sangat sederhana.  Ditengah Pandemi Covid-19,  kabar ini meniupkan optimisme baru

Jadi Rebutan

Jerman, Turki, dan Brunei Darussalam mengirim perwakilan negaranya untuk langsung bertemu dengan orang tua Naufal Raziq. Fakta ini saya dapatkan langsung  dari hasil wawancara saya dengan Ayah Naufal, Supriaman. Saya bertanya, bagaimana mereka mengirim perwakilan dan apa yang mereka sampaikan?

Supriaman mejawab, masing masing perwakilannya, datang ke rumah dalam rentang waktu beberapa bulan. Mereka menemui langsung ayahnya dan meminta agar Nuafal, bisa belajar di Negaranya suatu hari kelak.

Salah satu universitas di Jerman, misalnya, meminta agar Naufal, setelah lulus SLTA, diberikan “karpet merah” untuk berkuliah di negara exportir Mercedes-benz itu.  Namun, ayah Naufal, lupa nama universitas yang  dimaksud.  Kebetulan, salah satu staf pengajar di Jerman itu, adalah warga Aceh, sehingga menghubungi keluarganya di Aceh untuk bertemu dan berbicara dengan  Naufal.

Dua negara lain,  yaitu Turki dan Brunei menurut ayah Naufal, berkomunikasi melalui utusannya masing masing.  Naufal Raziq memang telah menyentak bangsa. Atas temuannya Listrik dari Getah Pohon Kedondong Pagar, ia menerima banyak penghargaan. Termasuk menerima beasiswa dari PT Pertamina EP dan tawaran serupa dari  Kementerian Agama.

Lalu apa yang heboh, sehingga membuatnya jadi rebutan?Jawaban adalah: Listrik yang ia temukan, dari cara yang sangat mudah!

Editor : Zaki Amrullah

1
2
3



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:52
KUASAI BERAGAM TEKNIK “PUBLIC SPEAKING” BERSAMA RIKO ANGGARA. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA POLRI USUT DUGAAN SURAT JALAN DJOKO TJANDRA SECARA TERBUKA   BRIGJEN PRASETYO UTOMO DINILAI TELAH MENGELUARKAN SURAT JALAN UNTUK BURONAN KASUS BANK BALI DJOKO TJANDRA   KAPOLRI COPOT BRIGJEN PRASETYO UTOMO DARI JABATANNYA SEBAGAI KABIRO KOORDINASI & PENGAWASAN PPNS BARESKRIM POLRI   MENTERI EDHY PRABOWO: KAPAL IKAN ASING ILEGAL YANG TAK DITENGGELAMKAN DIHIBAHKAN KE KAMPUS PERIKANAN   POLISI TELAH PERIKSA 27 SAKSI TERKAIT KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    POLDA METRO JAYA TAMBAHKAN TIM BUSER USUT KASUS KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    BP2MI AKAN LAPOR KE BARESKRIM SOAL TEMUAN DUGAAN PENAMPUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL DI CILEUNGSI, BOGOR   BUPATI PONOROGO SEBUT "TRACING" KORONA DI DAERAHNYA TERHAMBAT KARENA ANTREAN UJI PCR MEMBELUDAK    PEMKAB PONOROGO, JATIM, TUNGGU HASIL 500 UJI PCR YANG BELUM KELUAR HASILNYA SEJAK PEKAN LALU   KOTA SAMARINDA BERLAKUKAN MARKAH JALAN "PHYSICAL DISTANCING" BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR    PASAR PRAMUKA DI JAKTIM KEMBALI BEROPERASI SETELAH DITUTUP PADA 11-13 JULI 2020 KARENA KASUS POSITIF KORONA    DISHUB DKI JAKARTA: PEMERIKSAAN SURAT IZIN KELUAR MASUK ATAU SIKM SUDAH DITIADAKAN SEJAK KEMARIN    JUBIR PEMERINTAH ACHMAD YURIANTO: JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 47.859 ORANG