Kompas TV video cerita indonesia

Ridwan Kamil: New Normal Jawa Barat 1 Juni 2020

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 11:45 WIB
Penulis : Laura Elvina

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memastikan penerapan new normal atau normal baru di Jawa Barat akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2020. 

Namun Ridwan Kami menegaskan, tatanan kehidupan baru untuk Jawa Barat, bisa dimulai di wilayah zona biru atau hijau covid-19 .

Pemberlakuan new normal ini dilakukan setelah masa PSBB Jawa Barat yang berakhir pada 29 Mei 2020.

"Jadi nanti per 1 Juni, di wilayah-wilayah yang sudah hijau, atau minimal biru, ekonomi sudah mulai bergerak, seperti perbankan atau usaha-usaha, selama mereka menerapkan protokol kesehatan," ujar Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Bandung, Kamis (28/5/2020).

Ada 3 faktor yang membuat Jawa Barat kemungkinan besar sudah bisa menerapkan new normal. Di antaranya karena tingkat penyebaran yang sudah semakin turun selama masa PSBB.

"Tingkat penyebaran semakin turun. Sebelum PSBB kasus harian ada di 40, sekarang sekitar 20, pasien rumah sakit dari 400 sekarang tinggal 200," lanjut Emil.

Emil mengingatkan warga Jawa Barat, berlakunya new normal bukan berarti warga bisa bebas. Ia menjelaskan bahwa protokol kesehatan tetap harus dilakukan dalam masa new normal.

Baca Juga: Catat! Aturan Baru ke Mal dari Ridwan Kamil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x