Kompas TV video cerita indonesia

Jabarkan Istilah New Normal, Amien Rais: Jangan Dipakai Lagi!

Kompas.tv - 25 Mei 2020, 22:40 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Mantan Ketua MPR RI Amien Rais menilai terjadi kesalahpahaman mengenai istilah new normal atau normal baru yang sebenarnya dengan apa yang direncanakan oleh pemerintah Indonesia. 

Amien pun meminta agar new normal tidak dipakai lagi karena dapat mengelabui diri sendiri.

Pendapat tersebut disampaikan Amin Rais melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @amienraisofficial, Senin (25/5/2020).

"Untung ada para scientist yang mengingatkan bahwa perkara new normal itu sesungguhnya misleading, salah arah dan sesungguhnya ada pengelabuan, mohon maaf itu kata mereka, dan saya setuju," kata Amien Rais dalam video tersebut.

Amien Rais juga menerangkan bahwa istilah new normal bermakna melanjutkan hidup secara normal selamanya. Tapi pemerintah dinilai belum siap menggunakan skenario new normal itu.

"Dikatakan sesungguhnya itu bukan new normal, tapi itu we have to straight normal forever dan kita lanjutkan yang normal itu selamanya, karena apa yang normal itu biasanya ada standarnya, ada norma-norma, ada pola-pola yang reguler, dan tentu ada poin rujukan referensi, ini tak ada sama sekali," imbuhnya.

Menurut Amien Rais, The New Normal versi Indonesia sebenarnya bisa dilihat dari kondisi sosial dan perekonomian yang semakin memburuk, seperti jumlah pengangguran yang membengkak dan utang negara yang semakin menggunung.

"Saudara-saudara, jangan dipakai lagi ini (istilah new normal). Ini bisa mengelabui kita sendiri, dikarenakan apapun dianggap normal," ungkap Amien Rais. 

Meski demikian, Amien paham maksud pemerintah dalam menerapkan new normal saat pandemi.

Ia mengartikan maksud pemerintah sebagai mekanisme kerja pegawai negeri saat masa darurat kesehatan akibat Covid-19.

"New normal setelah virus mereda yaitu pegawai negeri tetap pakai masker, tetap jaga jarak, ada waktunya di rumah, ada waktunya di kantor, dan sebagainya," ujarnya.

#AmienRais #NewNormal #Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x