Kompas TV kuliner cerita rasa

Ada Yang Tau, Eungkot Paya Khas Aceh, Cobain dong!

Kompas.tv - 27 Mei 2020, 11:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

ACEH, KOMPAS.TV - Food lover tanah rencong memang kaya akan beragam kuliner di setiap daerahnya memiliki Khazanah sajian yang khas. Saat mudik biasanya saya tak melewatkan mencicipi kuliner khas Aceh Besar, kampung halaman saya.

Rumah makan Paga Ayee yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Lambaro Aceh Besar, menjadi pilihan saya, beragam kuliner khas Aceh Besar Disajikan di sini.

Benoe bertemu bang Fadli yang biasa dipanggil Bang Afath sang pemilik rumah makan, dia sedang memasak Eungkot paya. Eungkot paya atau ikan air tawar dimasak dengan bumbu ketumbar.

Bahan baku gulai ini merupakan salah satu jenis ikan yang biasanya hidup di sungai atau rawa-rawa air tawar. Lazimnya digunakan ikan gabus atau dalam bahasa Aceh disebut eungkot bache. Ada juga yang menggunakan ikan lele yang disebut seungkoe, ataupun sepat serta kruep.

Menu satu ini, mempunyai cita rasa yang khas bila dimasak dengan resep Aceh. Diolah menggunakan bumbu rempah-rempah asli turunan indatu, ditambah lagi percampuran santan yang tak pekat tapi memberikan kesegaran bagi penikmatnya.

Alamat: 

Jl. Soekarno-Hatta No. 15-17, Kel. Lambaro Kaphee, Kec. Ingin Jaya, Lambaro, Kec. Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23238 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x