Kompas TV regional berita daerah

Bika Bakar Khas Minang Asli Ada Di Jalan Amaliun Medan

Kompas.tv - 21 Mei 2020, 13:20 WIB
Penulis : KompasTV Medan

MEDAN, KOMPAS.TV - Salah satu menu berbuka puasa di Medan adalah bika bakar khas Minang cemilan ini tidak banyak di jumpai dipusat jajanan karena hanya terdapat di Jalan Amaliun Medan.

Bagi kebanyakan masyarakat kota Medanketika mendengar kata bikamaka pikiran akan tertuju pada oleh-oleh khas Medan bika Ambon. Namun bagi masyarakat Minangbika juga merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti, tepung beras, kelapa, dan gula.

Bika bakar atau bika Padang itu dimasak dengan cara sederhana dan tidak biasa. Adonan yang terdiri tepung beraskelapa dan gula itu dimasak menggunakan baskom dan pembakarannya menggunakan arang. Lalu pada bagian atasnya diletakkan sabut kelapa yang dibakar untuk pemerataan suhu panggangan.

Bentuk kue ini sangat menarikkarena di panggang dalam tatakan daun pisangdimana ketika di panggang permukaan kue akan menjadi berwarna krem kecoklatan yang merekah. Panganan ringan asal Sumatera Barat ini di jual dua ribu per buah, menjadi salah satu sasaran menu berbuka puasa yang cukup murah dan diminati banyak warga kota Medan. Selain rasa manisnya yang pasjajanan ini juga sangat lembut dengan aroma khas daun pisang terbakar.

Jajanan khas Sumatera Barat ini sudah lama ada di Jalan Amaliun Medanatau sekitar dua puluh tahun yang lalu. Bika bakar yang sampai saat ini di jual di warung yang sederhanamerupakan satu-satunya yang masih  ada di kota Medan. (#)

#BIKA #BAKAR #MINANG



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x