Kompas TV feature solusi sehat

5 hal penting agar tidak tertular covid-19 saat naik bus Transjakarta

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 23:53 WIB
5-hal-penting-agar-tidak-tertular-covid-19-saat-naik-bus-transjakarta
Suasana bus Transjakarta (Sumber: Mutie Aryanti)
Penulis : Alexander Wibisono

KOMPAS.TV - Ditengah pandemi COVID-19, ada sejumlah cara jitu untuk menepis kekhawatiran tertular virus corona ketika harus bepergian menggunakan bus Transjakarta.

Berikut ini, lima langkah yang mesti kita taati selama perjalanan, agar meminimalisir risiko penularan virus corona.

1. Masker
Langkah pertama, pastikan selalu menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut. Pengelola bus Transjakarta juga sudah mewajibkan semua penumpang menggunakan masker sejak 12 April 2020. Jenis masker yang bisa digunakan bebas, baik masker kain maupun masker sekali pakai. 

Antrean penumpang bus Transjakarta (Sumber: Mutie Aryanti)

2. Jaga Jarak Aman
Langkah kedua, tetap jaga jarak aman antar penumpang bus, baik ketika berada di halte maupun saat berada di dalam bus. Jarak aman antar penumpang yang dianjurkan minimal satu meter. 

3. Jaga Kebersihan Tangan
Langkah ketiga, jaga kebersihan tangan. Meski di halte bus Transjakarta atau di dalam bus Transjakarta disediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer), upayakan selalu membawa sendiri cairan pembersih tangan dalam tas. Gunakan cairan pembersih tangan setiap kali memasuki bus atau saat keluar dari bus.

Masker dan jaga jarak wajib dilakukan saat menggunakan bus Transjakarta (Sumber: Mutie Aryanti)

4. Pahami Risiko Covid-19
Langkah keempat, tidak memaksakan diri untuk naik ke dalam bus bila kondisi bus sudah penuh. Memaksakan diri naik ke dalam bus yang padat penumpang, bisa meningkatkan risiko tertular penyakit Covid-19.

5. Konsumsi Makanan Bergizi
Langkah kelima, menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum vitamin, dan cukup istirahat. Tentu, tak lupa berolahraga secara teratur, agar stamina tubuh tetap fit sepanjang hari. (Mutie Aryanti)
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x