Kompas TV video cerita indonesia

[FULL] Jokowi Luruskan Soal Pelonggaran PSBB

Kompas.tv - 18 Mei 2020, 23:52 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo menegaskan kembali terkait aturan kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah belum memutuskan pelonggaran kebijakan PSBB.

“Saya ingin tegaskan, belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Jangan muncul keliru ditangkap masyarakat, pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB, belum”, kata Jokowi saat rapat terbatas (18/5/2020).

Jokowi menambahkan, saat ini pemerintah memang mempersiapkan skenario terkait pelonggaran PSBB.

Meski demikian, pelonggaran tersebut tidak dilakukan pada saat sekarang ini, karena penularan Covid-19 di Indonesia masih terjadi.

Ia menuturkan, pelonggaran dilakukan apabila kondisi sudah kondusif.

“Yang sedang kita siapakan, ini memang baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat, serta melihat data-data dan fakta di lapangan”, imbuhnya.

Baca Juga: Presiden Kembali Tegaskan Soal Mudik dan Layanan Transportasi Yang Masih Berjalan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat berbicara soal pelonggaran PSBB pada 12 Mei 2020, saat ratas dengan sejumlah menteri dan kepala daerah.

Pernyataan tersebut, menuai beragam tafsiran dari masyarakat.

“Pelonggaran PSBB agar dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Semuanya dilaksanakan pada data-data lapangan, pelaksanaan lapangan, sehingga keputusan itu betul-betul sebuah keputusan yang benar. Hati-hati mengenai pelonggaran PSBB”, ujar Jokowi (12/5/2020).




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x