Kompas TV kuliner cerita rasa

Cobain ini Yuk!, Rujak Kolam Medan dan Asinan Bogor

Kamis, 21 Mei 2020 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rujak dan asinan tak bisa lepas dari keseharian masyarakat Indonesia. Makanya meski asam, pedas, rujak dan asinan masih menjadi salah satu pilihan menu berbuka kamu juga nggak foodlover, tapi jangan berlebihan yang lapar karena jika berlebihan dapat mengganggu kesehatan lambung kita. Rujak dengan beragam bahan dasar Sudah dicoba. Sekarang saatnya back to basic yaitu ke rujak buah tapi bukan rujak buah biasa ya  foodlover, yang ini sudah terkenal banget. 

Sekarang Benoe mau belajar bikin rujak buah diajarin sama Rosa langsung. Pertama ulek cabai sesuai selera, sesudah halus baru masukkan bumbunya. Setelah tercampur rata dengan cabai baru masukkan kacang tanah sangrai hingga halus. Baru giliran primadonanya kacang mede kalau kacang mede jangan terlalu halus agar tekstur dan gurunya tetap terasa baru tuang bumbu ke buah-buahan yang sudah disusun. 

Sekarang beralih ke Bogor, tepatnya di Jalan Siliwangi Nomor 27 ada asinan yang paling terkenal di kota ini. Asinan sedap gedung dalam menggunakan buah musiman sehingga buah yang digunakan pun berubah-ubah sesuai dengan musimnya. Seluruh buah didatangkan dari pemasok dan hanya buah lokal yang digunakan. 

Buah untuk asinan diproses langsung di belakang toko buah dikupas kulitnya dan dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil sebelum masuk dalam proses fermentasi. Proses fermentasi memakai bahan alami yakni garam dan gula.

Selanjutnya asinan sayur, yang memakai 8 jenis sayur, asinan sayur Bogor ini juga menjadi favorit. Dua asinan andalan dari asinan sedap gedung dalam siap dihidangkan! saatnya mencicipi. 

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:35
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA