Kompas TV video cerita indonesia

Kepala Eijkman: Jangan Terlalu Berharap Pada Vaksin

Kompas.tv - 17 Mei 2020, 17:22 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV- World Health Organization (WHO) sempat mengingatkan kepada seluruh negara bahwa herd immunity merupakan konsep yang berbahaya. Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah situasi yang dicapai ketika 70 hingga 90 persen dari populasi kebal terhadap virus tersebut.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio juga menambahkan bahwa salah satu cara untuk mencapai suatu kekebalan kelompok adalah dengan vaksin. Namun Amin juga menyebut, bahwa mencapai kekebalan kelompok dengan vaksin tidak bisa diharapkan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Lembaga Eijkman: Herd Immunity dengan Vaksin Masih Lama

Amin Soebandrio menyampaikan bahwa untuk mencapai herd immunity atau kekebalan massal dengan vaksin, akan menunggu waktu yang lama. Menurutnya, konsep herd immunity tidak efektif saat diterapkan di beberapa negara yang sedang terjangkit wabah sebelum virus korona baru. 

Herd immunity adalah upaya menghentikan laju penyebaran virus dengan cara membiarkan imunitas alami tubuh. Sehingga, daya tahan atau imunitas diharapkan akan muncul dan virus akan reda dengan sendirinya.

Baca Juga: Singapura Tolak Menerapkan Herd Immunity untuk Covid-19


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x