Kompas TV video cerita indonesia

AP II Batasi Jumlah Penerbangan di Soetta Menjadi 5 Kali Per Jam, Pasca Penumpukan Penumpang

Kompas.tv - 16 Mei 2020, 21:14 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah memberlakukan pembatasan jumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta setiap hari.

Peraturan ini menyusul adanya penumpukan jumlah penumpang yang terjadi pada Kamis, (14/5/2020)..

Sebelumnya, slot yang diberlakukan untuk penerbangan berjalan dengan normal. Hal ini disinyalir membuat penumpukan penumpang di Bandara Soekarno Hatta pada jam-jam sibuk. 

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pembatasan slot ini pun sudah disepakai oleh seluruh maskapai.

“Itulah tadi yang disampakan Pak Menko, penataan salah satunya ya di slot itu, satu jam sekarang hanya 5 slot penerbangan, tidak boleh lebih, dan maskapai sudah sepakat, sehingga konsep pembatasannya terjadi”, ujar Dirut Angkasa Pura II saat diwawancara (16/5/2020).

Baca Juga: Kreatif!! Wisuda Drive Thru di Tengah Pandemi Corona

Selain itu, sesuai dengan Permenhub no 18 Tahun 2020,  pembatasan jumlah penerbangan, slot penumpang tiap pesawat pun harus dibatasi menjadi 50 % maksimal, dari jumlah kapasitas kursi. 

“Jadi yang dibolehkan dari PM 18 adalah 50 persen dari seat capacity setiap maskapai, dan sudah dijalankan sejak hari ini” imbuhnya.

Pembatasan penumpang ini dilakukan demi menerapkan physical distancing atau menjaga jarak, agar persebaran virus Covid-19 atau virus corona bisa ditahan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x