Kompas TV nasional berita kompas tv

Mulai 13 Juli Siswa Kembali Masuk Sekolah, Pengamat Usul Ditunda Sampai Januari 2021

Kompas.tv - 16 Mei 2020, 14:41 WIB
mulai-13-juli-siswa-kembali-masuk-sekolah-pengamat-usul-ditunda-sampai-januari-2021
Siswa Sekolah Dasar tengah mengikuti ujian. (Sumber: KOMPAS.com/ALBERTUS ADIT)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana memulai kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah pada 13 Juli 2020. Hal ini bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan rencana itu disusun dengan mempertimbangkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

"Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan, baik pemerintah pusat maupun daerah, yang kami siapkan 13 Juli," kata Nahdiana dalam video rapat pimpinan yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI, Kamis (15/5/2020).

Nahdiana berujar, Dinas Pendidikan telah menyusun tiga skema belajar di sekolah yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2020/2021.

Baca Juga: Belajar Online, Sekolah Ini Beri Bantuan Uang Pulsa untuk Pelajar dan Guru

Pertama, hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan semua siswa belajar di sekolah.

Kedua, hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan catatan sebagian siswa belajar di sekolah.

Ketiga, semua sekolah dibuka dengan sebagian siswa belajar di rumah.

"Kami lakukan ini semua dengan mengikuti kebijakan pemerintah apabila PSBB ini telah dibuka kembali, maka kami bersiap untuk kembali sekolah dengan rancangan-rancangan yang kami buat dengan beberapa alternatif," kata Nahdiana.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah pada tahun ajaran baru akan mempertimbangkan kesiapan fasilitas sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19 hingga lokasi sekolah.

Menanggapi hal itu, menurut pengamat pendidikan, Darmaningtyas, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saatnya berpikir radikal dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

Selain menyelenggarakan pembelajaran secara online, pemerintah diminta harus berani menunda tahun ajaran baru sampai Januari 2021.

Baca Juga: Istana: Mal dan Sekolah Dibuka Jika Tak Ada Kasus Corona

“Dengan demikian, tahun ajaran akan berlangsung antara Januari sampai Desember seperti pada periode 1966-1977,” kata Darmaningtyas dalam keterangannya pada Sabtu (16/5/2020).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x