Kompas TV nasional berita kompas tv

61 Tenaga Medis Tiba di Jakarta, Rela Tinggalkan Keluarga Demi Tangani Pasien Covid-19

Kompas.tv - 6 Mei 2020, 19:46 WIB
61-tenaga-medis-tiba-di-jakarta-rela-tinggalkan-keluarga-demi-tangani-pasien-covid-19
Puluhan tenaga medis (perawat) yang menjadi relawan menangani pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Jakarta saat tiba di Pangkalan Halim Perdana Kusuma, Jakarta (Sumber: Dok Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 61 tenaga medis dari berbagai daerah di luar pulau Jawa telah tiba di Jakarta.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mendatangkan para perawat itu ke Jakarta, sejak Selasa kemarin (5/5/2020) hingga Rabu (6/5/2020) ini.

Mereka berasal dari Banda Aceh, Medan, Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Makasar. 

Baca Juga: Pasien Sembuh Corona: Makasih Tim Medis, Maaf Kami Sering Marah-Marah...

Para perawat itu akan bertugas di Rumah Sakit Dadakan (RSD) Wisma Atlet untuk gelombang pertama selama 28 hari dan 14 hari karantina pasca bertugas.

Ketua Bidang Medis Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19, dr J.F William mengatakan, kloter tenaga medis yang digalang dari berbagai kota di Indonesia itu untuk mendukung operasional RS-RS di Jakarta yang menangani pasien positif Covid-19. 

“Mereka adalah perawat yang dikoordinir oleh Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas dan dibantu oleh Kemenkes RI,” kata William, dalam keterangannya, Rabu (6/5/2020).

Menurut William, upaya itu hasil kolaborasi kerja utuh antara TNI AU yang menyediakan pesawat, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang menyediakan Rapid Test bagi para tenaga medis, dan Kementerian Kesehatan dan tim Gugus Tugas. 

“Terima kasih untuk mereka semua,” tutur William.

Baca Juga: Diduga Tertular Pasien, 13 Tenaga Medis RSUD Padang Panjang Positif Corona

Ketua Bidang Pelatihan Relawan Gugus Tiugas, Prasetyo Nurhardjanto yang menyambut kedatangan para perawat itu menyampaikan rasa bangga atas keputusan perawat meninggalkan keluarga untuk melayani pasien positif Covid-19 di Jakarta.

“Selain ungkapan terima kasih, kami juga apresiasi penghargaan setinggi-tingginya atas sifat kerelawanan yang ditunjukkan para perawat muda, tunas-tunas bangsa. Pekerjaan di depan sudah menanti kalian, dan tetap patuhi semua protocol yang ada,” ujar Prasetyo kepada para perawat tersebut, di The Media Hotel, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Prasetyo menambahkan, para relawan dari perawat itu selanjutnya transit di Hotel Media Tower dan mengikuti medical check up sebelum penugasan di RSD Wisma Atlet, Jakarta.

Baca Juga: 12 Positif Corona, 211 ABK Kapal Pesiar Dievakuasi ke Wisma Atlet

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x