Kompas TV internasional kompas dunia

Italia dan Negara Eropa Lainnya Buka Lockdown, Corona Selesai?

Rabu, 6 Mei 2020 | 16:12 WIB

ITALIA, KOMPAS.TV - Pemerintah Italia akhirnya melonggarkan kebijakan lockdown di negaranya setelah hampir 2 bulan karantina dilakukan di negara tersebut akibat pandemi virus corona, atau covid-19.

Associated Press melaporkan, lebih dari 4,4 juta orang Italia sudah kembali bekerja dan beraktivitas mulai Senin, 4 Mei 2020.

Sejak pandemi corona mewabah, Italia menjadi negara dengan tingkat kematian tertinggi di Eropa, di mana hampir 30.000 orang meninggal dunia, menurut data dari Badan Perlindungan Sipil Nasional.

Kembalinya para pekerja di Italia melakukan aktivitasnya tersebut merupakan langkah yang dilakukan dalam meredam dampak ekonomi yang diakibatkan selama lockdown.

Selain kembali bekerja, warga Italia juga telah diperbolehkan kembali untuk mengunjungi anggota keluarga dan rekannya di wilayah yang sama.

Fase New Normal

Namun kehidupan warga Italia belum sepenuhnya pulih. Mereka memasuki fase "New Normal" di mana mereka masih harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan.

Meski lockdown telah dibuka, bukan berarti virus sudah lenyap. Untuk itulah, pemerintah Italia masih melarang beberapa kegiatan seperti pertemuan sosial, serta wajib menggunakan masker saat berada di ruang publik yang tertutup dan di tansportasi umum.

Selain itu, kegiatan pemakaman telah diperbolehkan namun hanya memperbolehkan maksimal 15 orang orang pelayat, sedangkan untuk kegiatan pernikahan masih harus menunggu.

Tak hanya Italia, sejumlah negara lain di Eropa juga telah membuka lockdown di negaranya. Seperti di Jerman, sejak Senin (4/5/2020), anak-anak telah kembali bersekolah untuk pertama kalinya sejak diberlakukan lockdown.

Kemudian Polandia telah mengizinkan toko-toko kecil kembali beroperasi namun tetap menghimbau penggunaan masker ketika di toko dan transportasi umum.

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Menanam Sayuran, Di Lahan Terbatas

Jumat, 30 Oktober 2020 | 04:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:47
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.689 ORANG: 1.220 SEMBUH, 153 MENINGGAL DUNIA, 316 DALAM PERAWATAN   MENLU RETNO MARSUDI TEKANKAN POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF DI DEPAN MENLU AS MIKE POMPEO   BAKAMLA TANGKAP 2 KAPAL IKAN VIETNAM DI LAUT NATUNA   KUOTA WISATAWAN GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR, PENUH HINGGA AKHIR OKTOBER 2020   JALUR PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA BUTUH KALIANGKRIK, MAGELANG, TETAP BUKA PADA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   BNPB SEBUT PENGUNGSI AKIBAT BANJIR DI CILACAP, JATENG, BERTAMBAH MENJADI 613 JIWA   BPBD CIANJUR, JABAR, INGATKAN PENGGUNA JALAN DI SEPANJANG JALUR PUNCAK SOAL POTENSI POHON TUMBANG SERTA LONGSOR   TERHITUNG 26-29 OKTOBER 2020, 168.653 KENDARAAN LINTASI TOL CIKOPO-PALIMANAN (CIPALI)   TAK BERMASKER, PULUHAN WISATAWAN DI PUNCAK CIANJUR TERKENA OPERASI YUSTISI   PEMPROV JABAR SIAPKAN 54 TITIK PEMERIKSAAN TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN SECARA ACAK GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   PEMPROV JAWA BARAT SIAPKAN 26.700 TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN YANG BERWISATA DI JABAR DALAM PEKAN INI   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK PADA 1 NOVEMBER 2020, MENHUB MINTA PEMUDIK PULANG LEBIH AWAL   BKN SEBUT PESERTA CPNS 2019 YANG DINYATAKAN TIDAK LULUS DAPAT AJUKAN SANGGAHAN KE PORTAL SSCN   TERSANGKA PENYUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI, HIENDRA SOENJOTO, DITAHAN KPK SELAMA 20 HARI KE DEPAN