Kompas TV kolom opini

Dubes Suriname: Duta Budaya Itu Telah Pergi

Kompas.tv - 6 Mei 2020, 10:58 WIB
dubes-suriname-duta-budaya-itu-telah-pergi
Penyanyi Didi Kempot. (Sumber: Foto: Komps.com, Desain: Achmad Ilyas/KompasTV)

 

Oleh: Julang Pujianto, Dubes RI untuk Republik Suriname

Berita meninggalnya Didi Kempot pada tanggal 5 Mei 2020 disikapi oleh masyarakat Suriname sebagai suatu berita yang sangat mengejutkan dan menyedihkan yang dibarengi dengan rasa setengah tidak percaya. 

Sikap dan reaksi demikian sangatlah wajar karena Didi Kempot adalah sosok yang sangat dikenal, digemari dan dicintai oleh masyarakat Suriname melalui lantunan lagu-lagu pop Jawa yang khas. Didi Kempot  sepertinya sudah menjadi  bagian dari masyarakat Suriname itu sendiri.

Suriname adalah sebuah negara di kawasan Amerika Selatan dengan penduduk kurang lebih 600 ribu. Sekitar 14 % penduduknya merupakan keturunan Jawa (Indonesia).   Kehadiran Didi Kempot di Suriname dengan lagu-lagu Jawa yang khas telah memberikan hiburan tersendiri dan pada saat yang sama menumbuhkan dan mengembangkan sebuah identitas musik Jawa di Suriname. Dalam kesehariannya,  lagu-lagu Didi Kempot senantiasa mengalun di radio-radio Suriname.

Sejak tahun 1996, Didi Kempot telah 14 kali hadir dan menggelar konser musik  di Suriname. Dalam perkembangannya kegemaran dan kecintaan pada lagu-lagu Didi Kempot tidak hanya berkembang pada kalangan masyarakat  Jawa saja melainkan juga menjalar ke seluruh elemen  masyarakat Suriname yang multietnis. Pada konser terakhir Didi Kempot di Suriname pada September 2018, Presiden Republik Suriname, Yang Mulia Desire Delano Bouterse, berkenan memberikan penghargaan kepada Didi Kempot sebagai wujud apresiasi masyarakat Suriname atas sosok Didi Kempot.

Dari perspektif Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paramaribo, Didi Kempot adalah seorang Duta Budaya Indonesia dalam membantu promosi budaya Indonesia  di Suriname yang sangat efektif dan nyata. Duta Budaya Indonesia itu kini telah tiada. Atas nama keluarga besar KBRI Paramaribo saya mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Didi Kempot dengan iringan ucapan selamat jalan dan terima kasih atas kontribusinya dalam mengembangkan hubungan  antara Indonesia dan Suriname.

Julang Pujianto

Duta Besar RI untuk Republik Suriname

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x