HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kolom opini

Dubes Suriname: Duta Budaya Itu Telah Pergi

Rabu, 6 Mei 2020 | 10:58 WIB
dubes-suriname-duta-budaya-itu-telah-pergi
Penyanyi Didi Kempot. (Sumber: Foto: Komps.com, Desain: Achmad Ilyas/KompasTV)

 

Oleh: Julang Pujianto, Dubes RI untuk Republik Suriname

Berita meninggalnya Didi Kempot pada tanggal 5 Mei 2020 disikapi oleh masyarakat Suriname sebagai suatu berita yang sangat mengejutkan dan menyedihkan yang dibarengi dengan rasa setengah tidak percaya. 

Sikap dan reaksi demikian sangatlah wajar karena Didi Kempot adalah sosok yang sangat dikenal, digemari dan dicintai oleh masyarakat Suriname melalui lantunan lagu-lagu pop Jawa yang khas. Didi Kempot  sepertinya sudah menjadi  bagian dari masyarakat Suriname itu sendiri.

Suriname adalah sebuah negara di kawasan Amerika Selatan dengan penduduk kurang lebih 600 ribu. Sekitar 14 % penduduknya merupakan keturunan Jawa (Indonesia).   Kehadiran Didi Kempot di Suriname dengan lagu-lagu Jawa yang khas telah memberikan hiburan tersendiri dan pada saat yang sama menumbuhkan dan mengembangkan sebuah identitas musik Jawa di Suriname. Dalam kesehariannya,  lagu-lagu Didi Kempot senantiasa mengalun di radio-radio Suriname.

Sejak tahun 1996, Didi Kempot telah 14 kali hadir dan menggelar konser musik  di Suriname. Dalam perkembangannya kegemaran dan kecintaan pada lagu-lagu Didi Kempot tidak hanya berkembang pada kalangan masyarakat  Jawa saja melainkan juga menjalar ke seluruh elemen  masyarakat Suriname yang multietnis. Pada konser terakhir Didi Kempot di Suriname pada September 2018, Presiden Republik Suriname, Yang Mulia Desire Delano Bouterse, berkenan memberikan penghargaan kepada Didi Kempot sebagai wujud apresiasi masyarakat Suriname atas sosok Didi Kempot.

Dari perspektif Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paramaribo, Didi Kempot adalah seorang Duta Budaya Indonesia dalam membantu promosi budaya Indonesia  di Suriname yang sangat efektif dan nyata. Duta Budaya Indonesia itu kini telah tiada. Atas nama keluarga besar KBRI Paramaribo saya mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Didi Kempot dengan iringan ucapan selamat jalan dan terima kasih atas kontribusinya dalam mengembangkan hubungan  antara Indonesia dan Suriname.

Editor : Zaki Amrullah

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
04:07
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 5.439.559 POSITIF, 2.185.696 SEMBUH, 345.589 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 1.646.495 POSITIF, 366.736 SEMBUH, 97.811 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU TAK LAGI MENGONSUMSI OBAT MALARIA, HIDROKSIKLOROKUIN, UNTUK MELAWAN KORONA   KEMENKES MALAYSIA: 38 WNI DI DEPO TAHANAN IMIGRASI DI SEPANG POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 297 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, TERIMA REMISI LEBARAN   PEMKOT SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BANJIR HINGGA 4 JUNI 2020   SEBANYAK 16 PETAK TOKO DI PASAR RAYA PADANG, SUMATERA BARAT, HANGUS TERBAKAR   JUMLAH KASUS KORONA DI BENGKULU: 69 POSITIF, 9 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   PEMKAB LEBONG, BENGKULU, TUTUP PINTU PERBATASAN HINGGA 27 MEI 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MASA PEMBERLAKUKAN PSBB DI SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: KUALITAS UDARA JAKARTA SAAT LEBARAN 2020 JADI YANG TERBAIK SEJAK 5 TAHUN TERAKHIR   ACHMAD YURIANTO: KITA HARUS KEMBALI PRODUKTIF NAMUN TETAP AMAN DARI PENULARAN KORONA   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA, ACHMAD YURIANTO: BANYAK ANAK-ANAK YANG TERTULAR COVID-19 DARI ORANG DEWASA