Kompas TV nasional aiman

Belajar di Rumah Masa Pandemi Corona, "A New Normal" - AIMAN (Bag3)

Kompas.tv - 4 Mei 2020, 23:50 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyarankan para pendidik dan orang tua untuk menghindari stres dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Ia mengutarakan, bahwa mengajar memang tidak mudah tetapi tidak harus membosankan.

Sentimen ini muncul atas penekanan akan tatap muka virtual antar pengajar-murid, dengan bantuan orang tua sebagai guru dadakan di rumah.

Selang beberapa minggu setelah penerapan belajar jarak jauh, perkara pun mencuat. Masalah dukungan infrastruktur terkait gawai, lalu kemampuan penggunaan gawai oleh guru dan siswa yang kurang optimal, serta tingkat motivasi anak yang sudah menurun menjadi rintangan besar semua perangkat sektor pendidikan dalam pandemi ini.

Karenanya, kegiatan belajar mengajar harus keluar dari zona nyaman sekolah. Kemudian bagaimana pemerintah, pengajar, dan orang tua murid beradaptasi dengan ‘the new normal’ dunia pendidikan ini?

Maka dari itu, Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono berbincang dengan (Plt) Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, Komisioner KPAI Retno Listyarti, dan Pengajar yang menjalani pembelajaran jarak jauh.

 

#Aiman #BelajarDariRumah #VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x