Kompas TV religi beranda islami

Begini Pola Makan Yang Diajarkan Rasul Agar Tubuh Terjaga Kesehatannya

Selasa, 28 April 2020 | 00:24 WIB

Sadar atau tidak, pola makan juga mempengaruhi kualitas hidup seseorang khususnya yang tinggal di perkotaan atau orang urban. Penerapan pola makan yang salah dapat berdampak negatif pada tubuh seseorang. Salah satunya adalah obesitas yang telah menjangkiti orang di berbagai negara.

Masalah obesitas tidak dapat disepelekan karena merupakan satu dari 5 penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Prof Dr Abdul Basyid Muhammad As Sayid, pakar kedokteran dan biofisika mengatakan bagaimana nabi mengatur program makan sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Menurut diet rasul sebaiknya kita memakan buah-buahanan lebih dulu sebelum makan makanan yang berat. Selanjutnya makan dengan menggunakan 3 jari. Makan cara duduk dalam posisi tegak sambil mengunyah makan secara perlahan.

Rasul melarang kita bersikap rakus dan berlebihan, makan sambil berbincang. Sebaiknya melakukan kegiatan ringan setelah makan, dan tidak langsung tidur. Sebab Rasul melarang dengan keras kebiasaan tidur setelah makan, karena itu mendatangkan potensi untuk datangnya berbagai macam penyakit. Selain itu Rasul juga memperingatkan kita untuk tidak mengkonsumsi makan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin. Kemudian Rasul menyarankan kita untuk minum dengan cara 3 kali tegukkan. Kemudian bernafas, dan demikian seterusnya. Terakhir, cuci tangan dan tak lupa membaca hamdalah.

Menurut Rasul, kesehatan kita sering ditentukan dari perut kita sendiri.

Istilah modernnya: you are what u eat. Apa yang kita makan menentukan keadaan jasmani diri kita masing-masing. Rasul memberikan pemahaman bahwa setiap manusia seharusnya menentukan isi perut yang ideal. Yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara.

Tata cara atau diet Rasul memberikan kita sebuah  pemahaman akan pentingnya pola makan ala Rasul untuk mendapat tubuh yang sehat.

Penulis : Herwanto


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sopir Travel Bawa 7 Paket Sabu

Jumat, 22 Januari 2021 | 20:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:47
ANGKUT BANTUAN MASYARAKAT, KRI OSWALD SIAHAAN DIBERANGKATKAN DARI SURABAYA KE MAMUJU BANTU PARA KORBAN GEMPA   PEMPROV DKI DIBANTU POLISI DALAMI MOTIF PENARIKAN PAKSA KABEL LISTRIK DI RUMAH POMPA DUKUH ATAS, JAKPUS   PEMPROV BABEL JADIKAN BALAI BENIH PERTANIAN PALEMPANG PUSAT PEMBIBITAN PORANG   MAHKAMAH AGUNG: HANYA 8 PERSEN PERMOHONAN PK KORUPTOR YANG DIKABULKAN   KEMENDAGRI MINTA PEMDA SEGERA REALISASIKAN APBD 2021 UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI   MENTERI PPPA PASTIKAN PEREMPUAN DAN ANAK DI PENGUNGSIAN BENCANA AMAN DAN NYAMAN   PEMPROV BABEL PINDAHKAN PASIEN DARI WISMA KARANTINA ASRAMA HAJI KE RS INFEKSI DAN KARANTINA COVID-19   IDI: STRATEGI PENANGANAN DI HULU AKAN TENTUKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI TANAH AIR   MENRISTEK: PENGEMBANGAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI PERLU PERHATIKAN ASPEK AMAN DAN TERJANGKAU   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: VAKSIN MERAH PUTIH MENJAGA KEBERLANJUTAN KEKEBALAN MASSAL DI TANAH AIR   DPR SERAHKAN SURAT PERSETUJUAN PENGANGKATAN KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI KE PRESIDEN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: TUGAS PEMERINTAH BANTU AKSELERASI PEMBELAJARAN TERUTAMA SAAT PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD PASTIKAN SEMUA GURU HONORER BISA IKUTI SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) 2021   BNPB MINTA PEMDA SEGERA SELESAIKAN DATA RUMAH RUSAK PASCAGEMPA SULAWESI BARAT