Kompas TV video cerita indonesia

[Infografis] Kronologi Rumor Kim Jong Un Meninggal Dunia

Kompas.tv - 27 April 2020, 14:45 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KOMPAS.TV - Kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi sorotan dunia. Kim Jong Un dikabarkan sakit bahkan dalam kondisi kritis pada 20 April 2020.

Isu ini muncul karena Kim Jong Un tak hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun Mendiang kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim II Sung pada 15 April 2020.

Dilansir dari Kompas.com (27/4/2020) Sebuah sumber intelijen yang dipantau Amerika Serikat menyebut kondisi Kim Jong Un kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular. Media Daily NK bahkan mengabarkan kalau operasi tersebut dilakukan pada 12 April.

Baca Juga: Kim Jong Un Meninggal Dunia?

Kemudian Sebuah jaringan broadcast dari Hong Kong mengklaim pada Sabtu (25/4/2020) bahwa Kim telah meninggal dunia. Media itu merujuk pada sebuah laporan dari sumber paling valid tanpa nama.

Selain media tersebut, majalah Jepang, Shuken Gendai juga melaporkan pada Jumat (24/4/2020) bahwa Kim mengalami koma atau tidak sadarkan diri.

Reuters juga mengabarkan tim medis China bertolak ke Korea Utara untuk merawat Kim (24/4/2020).

Lalu, terungkap kereta api yang diduga milik Kim Jong Un berada di kawasan elite di bagian timur Korea Selatan, Wonsan pada 21 April dan 23 April 2020.

Namun, lokasi kereta ini tak membuktikan keberadaan dan kondisi kesehatan Kim Jong Un.

Baca Juga: Diisukan Meninggal, Kereta Kim Jong Un Terlihat di Foto Satelit

Hingga 27 April 2020 teka-teki rumor Kim Jong Un meninggal dunia belum terjawab. Pemerintah Korea Utara belum memberikan keterangan resmi soal ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x