Kompas TV kuliner cerita rasa

Sapo Mie di Bogor Ini Lezat!!

Kompas.tv - 26 April 2020, 16:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bertolak Ke kawasan kota Batu Ciomas Bogor, ada 1 rumah makan yang menjual sapo mie. Tak nampak seperti rumah makan, tapi teras rumah Acek Ameng ini selalu penuh oleh pelanggannya ketika jam makan siang dan sore menjelang makan malam.

Kata Sapo sendiri berasal dari penggunaan sapo atau claypot dalam proses memasaknya, kuliner sapo berasal dari Tiongkok. Jika kita biasa mengenal dengan menu sapo tahu di sini menjual asapo mie.

Dahulu sapo diciptakan untuk para vegan, karena komponen awalnya hanya tahu sutra khas Tiongkok sayuran dan jamur. Tetapi Seiring berjalannya waktu selain sayur kini menu Sapo berisikan daging udang dan bakso ikan.

Keunggulan dari Sapo mie Acek Ameng ini adalah minyak minyak yang buatan rumahan dan ukurannya yang besar menjadi menu yang tak ada di tempat yang lain, meskipun kuahnya sama dengan pada umumnya yakni saus tiram, kecap ikan, air kaldu dan minyak wijen.

Terkadang pelanggan baru protes karena proses masaknya lama, tetapi untuk pelanggan setianya mereka rela antri karena memang proses masaknya per porsi.

Benoe memesan sapo mie, sapo kwetiau, dan mie goreng. Rasanya yang sedikit manis, aroma kecapnya dapat dan minyak wijennya yang membuat gurih, ini enak banget.

Alamat:

Jl. Anggrek No.39, Kota Batu, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x