Kompas TV kuliner cerita rasa

Cara Membuat Kue Ape Untuk Cemilan Buka Puasa

Kompas.tv - 22 April 2020, 13:00 WIB
cara-membuat-kue-ape-untuk-cemilan-buka-puasa
Kue Ape (Sumber: sajiansedap.grid.id)
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kue ape merupakan jajanan pasar yang sederhana dan murah. Kue ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Sepintas kue ape ini nampak mirip seperti bentuk kue serabi yang berasal dari Solo, namun kue ini lebih tipis serta bagian tengahnya sedikit basah dan tebal. 

Kue ini pada umumnya berwarna hijau, pinggiran dari kue ini memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasanya begitu manis dengan aroma pandan yang melengkapinya. Cara membuat kue ini begitu praktis, bahan-bahan yang diperlukannya pun sederhana.

Bahan:

- 250 gram tepung beras
- 150 gram tepung terigu protein sedang
- 1 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir
- 600 ml air
- 25 ml air daun suji dari 30 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Ape:

1. Campur tepung beras, tepung terigu, garam, dan gula. Aduk rata.Tambahkan setengah bagian air sedikit-sedikit sambil dikeplok-keplok 15 menit.

2. Masukkan sisa air dan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan sampai menyatu. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat. Tambahkan baking powder. Aduk rata.

3. Panaskan wajan kue ape di atas api besar sambil dioleskan sedikit minyak. Tuang adonan. Tekan bagian tengahnya hingga sisinya berkulit. Tutup. Kecilkan api dan biarkan matang.

Kemudian Sajikan untuk takjil disaat berbuka puasa. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x