Kompas TV nasional berita kompas tv

Cara Unik Wanita Indonesia dalam Memeriahkan Hari Kartini di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 21 April 2020 | 23:56 WIB

Tepat hari ini, Bangsa Indonesia memperingati perjuangan Kartini dalam membela hak-hak perempuan.

Ditengah pandemi virus corona, Kartini masa kini turun ke jalan berpartisipasi langsung dalam pencegahan covid-19.

Mengenakan balutan busana adat dan tokoh pewayangan, sejumlah Polisi Wanita Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, melakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh warga.

Setiap  kendaraan yang melintas di pintu masuk Suramadu dihentikan untuk diperiksa dan disemprot guna mencegah penyebaran virus corona.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian jelang diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di kota Surabaya.

Tak hanya di Surabaya, Jawa Timur, sebagai cerminan kartini masa kini , sejumlah perempuan  juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sambil berjalan kaki, mereka melakukan penyemprotan cairan disinfektan, pada fasilitas umum seperti jembatan penyebrangan orang, halte dan beberapa rumah warga.

Para perempuan yang tergabung dalam persatuan perempuan peduli Pancasila ini juga membagikan sembako, kepada masyarakat yang terimbas covid-19.

Ditengah perjuangan melawan wabah corona, peran perempuan Indonesia beradap dalam posisi yang sangat penting, terutama saat mereka banyak yang terjun di garis depan, sebagai paramedis. 

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:50
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK