Kompas TV nasional berita kompas tv

Cara Unik Wanita Indonesia dalam Memeriahkan Hari Kartini di Tengah Pandemi Corona

Kompas.tv - 21 April 2020, 23:56 WIB
Penulis : Dea Davina

Tepat hari ini, Bangsa Indonesia memperingati perjuangan Kartini dalam membela hak-hak perempuan.

Ditengah pandemi virus corona, Kartini masa kini turun ke jalan berpartisipasi langsung dalam pencegahan covid-19.

Mengenakan balutan busana adat dan tokoh pewayangan, sejumlah Polisi Wanita Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, melakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh warga.

Setiap  kendaraan yang melintas di pintu masuk Suramadu dihentikan untuk diperiksa dan disemprot guna mencegah penyebaran virus corona.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian jelang diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di kota Surabaya.

Tak hanya di Surabaya, Jawa Timur, sebagai cerminan kartini masa kini , sejumlah perempuan  juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sambil berjalan kaki, mereka melakukan penyemprotan cairan disinfektan, pada fasilitas umum seperti jembatan penyebrangan orang, halte dan beberapa rumah warga.

Para perempuan yang tergabung dalam persatuan perempuan peduli Pancasila ini juga membagikan sembako, kepada masyarakat yang terimbas covid-19.

Ditengah perjuangan melawan wabah corona, peran perempuan Indonesia beradap dalam posisi yang sangat penting, terutama saat mereka banyak yang terjun di garis depan, sebagai paramedis. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x