Kompas TV klik360 cerita indonesia

[Full] Kisah dan Harapan Perawat Corona RSPI Sulianti Saroso

Minggu, 19 April 2020 | 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nurdiansyah, perawat RS Sulianti Saroso membagi kisahnya sebagai perawat pasien Corona Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara.

Kisah dan harapannya ini ia bagikan melalui konferensi pers di BNPB pada Minggu, 19 April 2020.

Nurdiansyah mengatakan perawat-perawat saat ini sangat berharap agar masyarakat dan semua pihak mematuhi PSBB dan mematuhi anjuran pemerintah.

"Angka kasus (Covid-19) sudah meningkat sekali," ujar Nurdiansyah. Ia berharap masyarakat benar-benar membantu tim medis dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Nurdiansyah juga menceritakan bagaimana awalnya ia bisa bekerja di RSPI Sulianti Saroso. Ia mengaku sudah bekerja 1,5 tahun di sana.

RSPI Sulianti Saroso merupakan rumah sakit yang khusus didirkan untuk penyakit infeksi. Sehinga Nurdiansyah, sebelum muncul pandemi Corona, sudah menangani pasien dengan penyakit infeksi seperti HIV/ AIDS, flu burung, MERS dan difteri.

Pada awal maret 2020 pasien mulai ada pasien masih suspect Corona. Nurdianysah mengaku ia dan perawat lainnya sudah melakukan persiapan dan training untuk menghadapi Corona.

Ia juga mengkisahkan banyaknya perawat yang kini telah terjangkit Corona dan banyak menerima stigma negatif di masyarakat.

Ia berharap pandemi ini segera berakhir karena memakai baju APD selama seharian bukan hal menyenangkan. 

Editor : Sadryna Evanalia



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:22
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19