Kompas TV video top 3 news

TOP 3 NEWS: 46 Tim Medis Positif Covid-19 | Jumlah Corona Indonesia 5.923 | Wuhan Revisi Data Corona

Kompas.tv - 17 April 2020, 19:00 WIB
Penulis : Laura Elvina

1. Sebanyak 46 tenaga medis Rumah Sakit Kariadi Semarang, positif terjangkit virus corona atau covid-19. Para tenaga medis ini tengah diisolasi di Hotel Kesambi Semarang, Jawa Tengah. Para dokter dan perawat diketahui positif corona sejak pemeriksaan tanggal 8 april lalu. Penyebab tenaga medis terpapar virus corona ini diduga akibat minimnya alat pelindung diri saat melakukan perawatan pasien. Selain itu, diduga ada pasien yang tidak jujur saat dilakukan pemeriksaan, hingga akhirnya menulari para tim medis. Keempat puluh enam tenaga medis  yang terpapar covid-19, dikonfirmasi  oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, setelah mendapat laporan dari rumah sakit.

2. Jumlah kasus positif virus corona di tanah air terus bertambah. Berdasarkan data yang dihimpun hingga Jumat (17/4/2020) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 407 kasus positif, sehingga total kasus positif di tanah air menjadi 5.923 kasus. Sementara itu terjadi penambahan 59 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sehingga total pasien sembuh ada 607 orang. Namun masih ada kabar duka dengan penambahan 24 pasien meninggal dunia. Dengan demikian, secara akumulasi ada 520 pasien meninggal setelah terinfeksi virus corona.

3. Otoritas kesehatan Wuhan telah merevisi angka kematian akibat virus corona. Data terbaru menunjukkan, jumlah korban meninggal lebih banyak 50 persen dari data sebelumnya. Total korban meninggal dunia di Wuhan menjadi 3.869 orang. Angka itu naik 1.290 dari catatan sebelumnya, yakni 2.579 orang. Kemudian, jumlah kasus secara keseluruhan di wuhan direvisi menjadi 50.333, dengan tambahan 325 kasus. Perubahan ini juga membuat jumlah kasus dan korban meninggal di seluruh china juga meningkat. Pihak berwenang mengatakan, revisi dibuat setelah memasukkan data pasien yang tidak dirawat di rumah sakit dan meninggal di rumah, karena keterbatasan fasilitas medis di tahap awal wabah corona.

Baca Juga: Obat Klorokuin Untuk Pasien Corona Tak Bisa Menyembuhkan
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x