Kompas TV internasional kompas dunia

Ternyata Material Tembaga Membunuh Bakteri dan Virus Termasuk Covid-19

Kompas.tv - 15 April 2020, 22:27 WIB
ternyata-material-tembaga-membunuh-bakteri-dan-virus-termasuk-covid-19
Pipa Tembaga (Sumber: Ttribunnews.com)
Penulis : Herwanto

INGGRIS, KOMPAS.TV

Banyak hasil penelitian tentang bagaimana virus corona bertahan ketika berada di media atau benda mati. Laporan para peneliti sekira sebulan lalu ini menjelaskan bahwa coronavirus novel yang menyebabkan pandemi Covid-19 bertahan selama berhari-hari di atas kaca dan stainless steel

Namun, si virus ternyata mati dalam beberapa jam setelah mendarat di tembaga, satu-satunya hal yang mengejutkan Bill Keevil adalah bahwa patogen itu tidak bertahan lama pada tembaga.

Bill Keevil adalah seorang peneliti mikrobiologi di University of Southampton (Inggris) yang  telah mempelajari efek antimikroba dari tembaga selama lebih dari dua dekade.

Dia telah menyaksikan di laboratoriumnya ketika logam sederhana itu membunuh serangga jahat satu demi satu. Dia mulai dengan bakteri yang menyebabkan Penyakit Legionnaire dan kemudian beralih ke infeksi pembunuh yang resistan terhadap obat seperti Staphylococcus Aureus (MRSA) yang resistan terhadap metisilin. Dia menguji virus yang menyebabkan ketakutan kesehatan di seluruh dunia seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan pandemi Flu babi (H1N1) tahun 2009. Dalam setiap kasus, kontak tembaga membunuh patogen dalam beberapa menit. "Itu hanya membuatnya berantakan," katanya.

Pada 2015, Keevil mengalihkan perhatiannya ke Coronavirus 229E, kerabat virus COVID-19 yang menyebabkan flu biasa dan radang paru-paru. Sekali lagi, tembaga mematikan virus dalam beberapa menit, sementara pada permukaan seperti stainless steel atau kaca tetap menular selama lima hari.

Pipa Tembaga (Sumber: kompas.com)


"Salah satu ironi adalah, orang [memasang] stainless steel karena tampaknya bersih dan memang demikian," katanya, sambil menunjukkan keberadaan material tersebut di tempat-tempat umum. “Tapi kemudian argumennya adalah seberapa sering kamu membersihkan? Kami tidak cukup sering membersihkan. " Tembaga, sebaliknya, mendisinfeksi hanya dengan berada di sana.

Pengetahuan Kuno Tentang Tembaga

Karya Keevil adalah konfirmasi modern tentang obat kuno. Selama ribuan tahun, jauh sebelum mereka tahu tentang kuman atau virus, orang-orang telah mengetahui kekuatan disinfektan tembaga.

"Tembaga benar-benar hadiah dari alam karena ras manusia telah menggunakannya selama lebih dari delapan milenium," kata Michael G. Schmidt, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Medical University of South Carolina, yang meneliti tembaga dalam pengaturan perawatan kesehatan.

Penggunaan tembaga pertama yang dicatat sebagai agen pembunuh infeksi berasal dari Smith's Papyrus, dokumen medis tertua yang diketahui dalam sejarah. Informasi di dalamnya berasal dari seorang 'dokter' Mesir sekitar tahun 1700 SM. tetapi didasarkan pada informasi yang berawal sejauh 3200 SM. Orang Mesir menunjuk simbol ankh, yang mewakili kehidupan abadi, untuk menunjukkan tembaga dalam hieroglif.

Pada kurun 1.600 SM, Cina juga menggunakan koin tembaga sebagai obat untuk mengobati sakit jantung dan perut serta penyakit kandung kemih. Orang-orang Fenisia yang berlayar di laut memasukkan serutan dari pedang perunggu mereka ke dalam luka perang untuk mencegah infeksi.

Selama ribuan tahun, para wanita telah mengetahui bahwa anak-anak mereka tidak mengalami diare sesering ketika mereka minum dari pembuluh tembaga dan meneruskan pengetahuan ini kepada generasi berikutnya. "Anda tidak perlu gelar medis untuk mendiagnosis diare," kata Schmidt.

Perhiasan dari tembaga (Sumber: tribunnews.com)


Dan kekuatan tembaga bertahan. Tim Keevil memeriksa pagar tua di Grand Central Terminal New York City beberapa tahun yang lalu. "Tembaga masih bekerja seperti yang terjadi pada hari itu dimasukkan lebih dari 100 tahun yang lalu," katanya. "Benda ini tahan lama dan efek anti-mikroba tidak hilang."

Kekuatan Tembaga Bertahan Lama, Tapi Bagaimana Cara Kerjanya?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x