Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik, Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Aceh Sembuh

Kompas.tv - 14 April 2020, 19:24 WIB
kabar-baik-seluruh-pasien-positif-covid-19-di-aceh-sembuh
Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020) (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Johannes Mangihot

ACEH, KOMPASTV – Sebanyak empat dari lima pasien positif virus corona (Covid-19) yang ditangani dinas kesehatan Provinsi DI Aceh telah dinyatakan sembuh.

Jubir Covid 19 Pemerintah Provinsi DI Aceh, Saifullah Abdul Gani menjelaskan empat pasien tersebut sudah di pulangkan ke rumah masing-masing. 

Sementara satu pasien positif lainnya telah meninggal saat perawatan. Pasien meninggal tersebut merupakan yang pertama sejak Aceh menyatakan memiliki kasus pasien positif Covid-19.

Baca Juga: Warung Kopi di Aceh Diizinkan Buka Kembali, Tapi Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

"Alhamdulillah dari lima yang positif Covid-19, empat sehat dan telah menjalani rehabilitas, kemudian yang meninggal itu dari kota Loksumawe," ujar Saifullah saat ditemui KompasTV, Selasa (14/4/2020).

Saifullah menambahkan sejauh ini belum ada penambahan kasus baru positif Covid-19 di Provinsi DI Aceh. Dengan begitu dapat dikatakan Aceh masuk dalam kategori nol kasus positif virus corona.

Tidak adanya penambahan ini diketahui dari penelusuran Dinkes Pemprov Aceh terhadap pasien dengan pantauan yang mendapat perawatan di rumah sakit umum Dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh maupun di 13 rumah sakit rujukan lainnya yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Namun, sambung Saifullah, Pemprov Aceh tetap mengimbau kepada warga tetap selalu waspada dan menjalanakan protokol pencegahan covid 19. 

Baca Juga: Aceh, Sumbar, dan Sulteng Umumkan Kasus Positif Corona Perdana

Seperti menggunakan masker saat ke luar rumah, menghindari tempat keramaian, menjaga jarak, kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah juga dari rumah seperti instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kami tidak mengendorkan semangat pencegahan, yang dilakukan di Aceh juga bagian dari kebijakan pemerintah pusat. Penanganan Covid-19 di Aceh mengikuti pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 di pusat," ujar Saifullah.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x