Kompas TV regional berita daerah

Warga Sediakan Rumah Karantina Pemudik Secara Swadaya

Kompas.tv - 10 April 2020, 12:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV – Warga Desa Karangsono Kabupaten Blitar Jawa Timur menyediakan rumah isolasi lengkap dengan fasilitas dan makanan bagi 11 orang pemudik dari daerah zona merah sebaran virus corona.

11 orang pemudik dari Jakarta dan bekasi kini menempati sebuah rumah, yang disediakan oleh masyarakat setempat masa isolasi mandiri.

Warga Desa juga menyediakan fasilitas televisi, tempat tidur serta peralatan olahraga agar para pumudik, yang sedang menjalani karantina selama 14 hari merasa nyaman dan tidak stres.

Kepala Desa Karangsono, Tugas Nanggoro Yudho menyatakan inisiatif membuat rumah isolasi muncul setelah warga mendengar kabar ada 11 orang dari Bekasi dan Jakarta akan pulang kampung.

Untuk menghindari konflik sosial dan mencegah penyebaran virus corona, masyarakat akhirnya sepakat menyewa bangunan untuk dijadikan tempat karantina. Semua biaya penyediaan rumah karantina ditanggung warga secara sukarela.

Para pemudik juga merasa tenang dan nyaman atas fasilitas yang diberikan warga. Mereka juga tidak khawatir lagi, karena selalu diperiksa kesehatannya oleh petugas puskesmas 2 hari sekali.

Salah satu pemudik, bernama Kamsani mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah memberikan bantuan tempat dan makanan selama masa isolasi mandiri. 

Penyediakan rumah karantina secara swadaya ini bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat luas untuk salin peduli di masa pandemi covid-19.

 

#VirusCorona #BantuanIsolasi #Pemudik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x