Kompas TV regional berita daerah

Tes Suhu Tubuh Dan Karantina Pemudik Dari Zona Merah

Kompas.tv - 8 April 2020, 10:38 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota dan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur kompak mengantisipasi penularan covid-19 pada masa mudik lebaran.

Pemerintah Kota Probolinggo mendirikan posko di setiap pintu masuk Kota Probolinggo untuk memeriksa suhu tubuh dan kesehatan seluruh pemudik dari zona merah.

Salah satunya di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo, setiap penumpang diminta turun untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun dan pemeriksaan riwayat perjalanannya sebelum tiba di terminal.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyatakan pemeriksaan lebih diperketat untuk penumpang bus, yang dari zona merah covid-19, yakni Malang dan Surabaya.

Mayoritas penumpang bus dari zona merah adalah buruh pabrik, pekerja serabutan dan pekerja proyek bangunan, yang memilih mudik dini ke kampung halaman.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo menerapkan sistem isolasi atau karantina 14 hari bagi pemudik yang akan memasuki wilayahnya.

Ada 4 hotel dan puluhan gedung sekolah di 24 kecamatan, yang disiapkan sebagai tempat karantina. Untuk gedung sekolah dilengekapi fasilitas tempat tidur, kipas angin hingga makan dan minum.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menyatakan pengecekak pemudik dilakukan di 4 pintu masuk wilayah Kabupaten Probolinggo. Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 5 april 2020 dengan tujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 di masa mudik lebaran.

 

#KarantinaPemudik #TesSuhuTubuh #Probolinggo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x