Kompas TV entertainment musik

Kuasai Trending Youtube! Ini Fakta Unik Lagu Aisyah Istri Rasulullah dan Kontroversi Liriknya

Kompas.tv - 7 April 2020, 17:52 WIB
kuasai-trending-youtube-ini-fakta-unik-lagu-aisyah-istri-rasulullah-dan-kontroversi-liriknya
Jajaran trending youtube indonesia yang dikuasai oleh lagu berjudul Aisyah Istri Rasulullah (Sumber: youtube)
Penulis : Yudho Priambodo

JAKARTA, KOMPASTV - Jajaran trending youtube Indonesia dikuasai oleh lagu "Aisyah Istri Rasulullah". Para youtuber, penyanyi, dan band Indonesia berlomba mengcover lagu ciptaan musisi asal Negeri Jiran Malaysia ini.

Satu pekan sudah lagu Aisyah Istri Rasulullah yang dicover di channel Syakir Daulay ditonton lebih dari 29 juta kali dan masih bertengger diurutan satu trending youtube Indonesia.

Selain banyak dinyanyikan ulang, lagu ini juga banyak diperbincangkan dan dibahas oleh para musisi salah satunya mantan vokalis band Drive Anji yang kini videonya juga masuk dalam jajaran trending youtube dan ditonton lebih dari 2,5 juta kali.

Meski demikian, lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah menuai kontroversi. Lirik lagu inipun juga menjadi bahasan dalam kajian bersama pimpinan pondok pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainal Ma'arif atau Buya Yahya.

Pasalnya dalam bait lagu tersebut, terdengar mendiskripsikan jasad Ummul Mukminin Istri Baginda Nabi. Buya Yahya mengungkapkan, para ulama membuat kaidah bagaimana menyifati istri Baginda Nabi SAW.

Menurut Buya Yahya, penggambaran jasad secara umum adalah sah, dengan catatan tidak mengarah pada sifat yang spesial. Namun demikian berbeda sekiranya saat menyebut tentang istri Nabi SAW.

"Karena itu adalah ibu kita. Anda lelaki normal enggak mungkin bisa fisik detail. Mohon maaf tentang bibir karena khusus mahramnya. Kecuali kalau hatinya rusak. Tapi jika normal dan sehat tidak bisa," Jelas Buya Yahya dalam Channel youtubenya yang kini trending diurutan 7 youtube Indonesia.

Buya Yahya pun berpesan agar jangan sampai mensifati jasad saat berbicara tentang istri Baginda Rasulullah. Menurutnya, tentang fisik merupakan ranah yang sangat pribadi dan bisa jadi ada laki-laki yang membayangkannya. 

Meski demikian, Buya Yahya mengajak kepada kaum Muslimin untuk berhusnudzon pada niat pembuat lagu dan syair tersebut.

Jika niat pencipta lagu itu baik, untuk memberikan tauladan dan contoh baik pagi umat muslimin.

Lepas dari lirik yang menuai kontroversi, lagu Aisyah Istri Rasulullah ternyata memiliki beberapa fakta menarik.

1.Lagu Aisyah Istri Rasulullah pertama kali muncul pada tahun 2017 dan dibawakan oleh band asal Malaysia bernama Projector. Namun versi asli lagu ini sebenarnya berjudul "Aisyah(Satu Dua Tiga Cinta Kamu).

2.Lagu ini kemudian hadir dalam versi religi pada Agustus 2017 dan dipopulerkan oleh youtuber malaysia bernama Mr Bie dengan channel youtube Vitaminbie. Mr Bie membuat beberapa perubahan dalam lirik lagu tersebut seperti "Aisyah Istri Rasulullah. Uniknya Mr Bie terinspirasi untuk mengcover lagu ini karena kebetulan istrinya juga bernama Aisyah.

3. Pengubahan lirik juga disesuaikan untuk Indonesia. Ketika lagu "Aisyah Istri Rasulullah" mendulang kesuksesan di Indonesia, Mr Bie turut mengapresiasi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x