Kompas TV klik360 cerita indonesia

Polri: Ada 3.000 Warga Jatim Dimintai Pernyataan Tak Ngeyel Kumpul di Luar Rumah

Senin, 6 April 2020 | 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menjelaskan sejumlah penindakan terkait pencegahan penyebaran virus Corona di masyarakat. Hal ini disampaikannya melalui konferensi pers di BNPB pada Senin, 6 April 2020.

Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan kepolisian akan mendukung penuh kebijakan pemerintah demi memutus rantai penyebaran virus Corona. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku seperti peraturan Karantina Kesehatan, Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan Maklumat Kapolri yang diterbitkan pada 19 Maret 2020.

Adapun sejumlah penindakan yang telah dilakukan dengan menangkap 18 orang yang ngeyel tak mengindahkan maklumat Kapolri dengan melawan petugas saat dibubarkan kegiatan di dalam rumah.

Polisi juga telah melakukan pencegahan humanis seperti di Jawa Timur dengan pembubaran kegiatan di beberapa lokasi. Warga yang masih ngeyel melakukan kegiatan di luar rumah kemudian dibawa ke kantor polisi. Setidaknya ada 3.000 warga Jawa Timur yang dimintai pernyataan agar tak mengulangi lagi hal serupa di tengah pandemi Corona.

Sementara itu, Karo Penmas Divhumas Polri juga menjelaskan Satgas Pangan sudah melakukan penyelidikan terhadap 18 kasus yang diantaranya kasus dengan menaikan harga pangan.

Polisi juga sudah memberikan edikasi kepada masyarakat sebanyak 26.000 kali. Selain itu polisi melakukan pembubaran massa atau kerumunan sebanyak 10.873 kali dan menindak kasus hoaks sampai dengan 5 April 2020 sebanyak 76 kasus.

Editor : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:01
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KELUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA    JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI