Kompas TV nasional berita kompas tv

Unair Teliti 5 Senyawa Untuk Obat Corona, Diklaim Lebih Ampuh dari Avigan dan Chloroquine

Kompas.tv - 5 April 2020, 14:16 WIB
unair-teliti-5-senyawa-untuk-obat-corona-diklaim-lebih-ampuh-dari-avigan-dan-chloroquine
Ilustrasi vaksin virus corona (Sumber: Fresh Daily)
Penulis : Idham Saputra

SURABAYA, KOMPASTV - Universitas Airlangga Surabaya saat ini tengah meneliti 5 jenis senyawa yang diprediksi bisa menjadi obat bagi para penderita virus covid-19. 

Kelima senyawa ini diklaim memiliki daya ikat yang lebih kuat dibanding obat Avigan dan Chloroquine.

Baca Juga: Kenali Avigan dan Chloroquine, Obat yang Dipesan Presiden untuk Lawan Corona

Menurut Profesor Soetjipto, Ketua Tim Peneliti Satgas Covid-19 Universitas Airlangga Surabaya, masih ada 2 tahapan lagi yang harus dilakukan untuk menguji keefektifan 5 jenis senyawa tersebut. 

Kedua tahapan tersebut di antaranya tahap uji klinis dan tahap tantang atau uji efektivitas. 

Proses persiapan dan pengujian kelima senyawa ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 1 tahun, mengingat panjangnya proses persiapan dan pengujian.

“Ada lima kandidat senyawa yang terbaik ini nantinya akan kita publikasikan terlebih dahulu untuk mendapatkan masukan-masukan dari Unair sendiri dan pihak internasional dan nampaknya lima senyawa itu, masing-masing memiliki kemiripan khasiatnya dengan chloroquine dan golongan avigan, serta senyawa ini juga memiliki sifat anti oksidan yang berfungsi sebagai menjaga membran sel dan protein,” kata Profesor Soetjipto.

Baca Juga: Jadi Pusat Laboratorium Penguji Covid-19, Unair Surabaya Siapkan Vaksin Corona

Meski belum dirinci hingga saat ini apa saja kelima jenis senyawa tersebut, namun diklaim 5 jenis senyawa yang saat ini tengah diteliti memiliki daya ikat yang kuat dibanding obat Avigan dan Chloroquine yang sebelumnya juga diklaim ampuh untuk mengobati pasien covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x