Kompas TV bisnis kompas bisnis

Banyak Pernikahan Tertunda, Bagaimana Nasib Vendor?

Kompas.tv - 2 April 2020, 12:50 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV - Setelah 10 tahun berpacaran Adi dan Ika seharusnya bisa mengakhiri penantian menikah di bulan April tahun ini. Namun wabah corona membuyarkan rencana  mereka. Resepsi dan pemberkatan pernikahan terpaksa ditunda untuk waktu yang tak bisa diprediksi. Imbauan untuk tak menggelar keramaian membuat gedung dan gereja sama-sama tak bisa menggelar prosesi pernikahan.
 
Buditama punya pengalaman yang sama, namun ia bercerita akan tetap  menggelar prosesi akad nikah di waktu yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Hanya resepsi saja yang akan ditunda. Namun Budi tak tahu kapan rencana itu bisa digelar.

Wabah corona seakan menghadang serangkaian acara pernikahan. Penundaan juga berdampak pada vendor pernikahan seperti catering.

Celdi katering misalnya mengaku harus kehilangan puluhan event hingga bulan Juni nanti.  kerugian belum dihitung tapi bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Kini Celdi harus memutar otak untuk tetap menghasilkan uang agar bisa membayar 40 karyawannya. Salah satunya dengan mulai menjual makanan lewat daring.

Perencanaan dan kreativitas kini jadi penting dalam mengelola bisnis di tengah wabah terlebih sebentar lagi lebaran tiba. Pengusaha harus menyiapkan dana ekstra untuk membayar tunjangan hari raya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x