Kompas TV bisnis kompas bisnis

Banyak Pernikahan Tertunda, Bagaimana Nasib Vendor?

Kamis, 2 April 2020 | 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Setelah 10 tahun berpacaran Adi dan Ika seharusnya bisa mengakhiri penantian menikah di bulan April tahun ini. Namun wabah corona membuyarkan rencana  mereka. Resepsi dan pemberkatan pernikahan terpaksa ditunda untuk waktu yang tak bisa diprediksi. Imbauan untuk tak menggelar keramaian membuat gedung dan gereja sama-sama tak bisa menggelar prosesi pernikahan.
 
Buditama punya pengalaman yang sama, namun ia bercerita akan tetap  menggelar prosesi akad nikah di waktu yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Hanya resepsi saja yang akan ditunda. Namun Budi tak tahu kapan rencana itu bisa digelar.

Wabah corona seakan menghadang serangkaian acara pernikahan. Penundaan juga berdampak pada vendor pernikahan seperti catering.

Celdi katering misalnya mengaku harus kehilangan puluhan event hingga bulan Juni nanti.  kerugian belum dihitung tapi bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Kini Celdi harus memutar otak untuk tetap menghasilkan uang agar bisa membayar 40 karyawannya. Salah satunya dengan mulai menjual makanan lewat daring.

Perencanaan dan kreativitas kini jadi penting dalam mengelola bisnis di tengah wabah terlebih sebentar lagi lebaran tiba. Pengusaha harus menyiapkan dana ekstra untuk membayar tunjangan hari raya.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:06
IDI MENILAI TES USAP MANDIRI PERLU DILAKUKAN UNTUK PERLUAS PELACAKAN COVID-19    MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENYATAKAN PEMERINTAH MENYIAPKAN RP 21,8 TRILIUN UNTUK PROSES VAKSINASI COVID-19    HINGGA 28 SEPTEMBER 2020, RS DARURAT WISMA ATLET RAWAT 4.636 PASIEN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI SIAPKAN PERPRES VAKSIN COVID-19   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   PEMKOT DAN BAWASLU MATARAM, NTB, TANDA TANGANI MOU NETRALITAS ASN DALAM PILKADA   MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KAI BERKEMBANG IKUTI PERUBAHAN ZAMAN DENGAN PRINSIP "CUSTOMER ORIENTED"   PEMKOT BATAM BUKA FASILITAS ISOLASI MANDIRI VIP PASIEN COVID-19   KEMENKOP DAN UKM GULIRKAN PROGRAM MAGANG UNTUK CETAK WIRAUSAHA BARU   SATGAS COVID-19 GENCARKAN KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT TAATI PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO USUL ACEH DAN BALI MASUK PROVINSI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19   PEMERINTAH SIAPKAN TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KPU KLAIM METODE KOTAK SUARA KELILING BISA JAMIN RAHASIA SUARA PEMILIH   KPU USUL METODE PEMUNGUTAN SUARA TAMBAHAN DI PILKADA BERUPA KOTAK SUARA KELILING