HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV bisnis kompas bisnis

Banyak Pernikahan Tertunda, Bagaimana Nasib Vendor?

Kamis, 2 April 2020 | 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Setelah 10 tahun berpacaran Adi dan Ika seharusnya bisa mengakhiri penantian menikah di bulan April tahun ini. Namun wabah corona membuyarkan rencana  mereka. Resepsi dan pemberkatan pernikahan terpaksa ditunda untuk waktu yang tak bisa diprediksi. Imbauan untuk tak menggelar keramaian membuat gedung dan gereja sama-sama tak bisa menggelar prosesi pernikahan.
 
Buditama punya pengalaman yang sama, namun ia bercerita akan tetap  menggelar prosesi akad nikah di waktu yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Hanya resepsi saja yang akan ditunda. Namun Budi tak tahu kapan rencana itu bisa digelar.

Wabah corona seakan menghadang serangkaian acara pernikahan. Penundaan juga berdampak pada vendor pernikahan seperti catering.

Celdi katering misalnya mengaku harus kehilangan puluhan event hingga bulan Juni nanti.  kerugian belum dihitung tapi bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Kini Celdi harus memutar otak untuk tetap menghasilkan uang agar bisa membayar 40 karyawannya. Salah satunya dengan mulai menjual makanan lewat daring.

Perencanaan dan kreativitas kini jadi penting dalam mengelola bisnis di tengah wabah terlebih sebentar lagi lebaran tiba. Pengusaha harus menyiapkan dana ekstra untuk membayar tunjangan hari raya.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:45
KPU PREDIKSI BIAYA PILKADA 2020 MENINGKAT JIKA DIGELAR DI MASA PANDEMI COVID-19   HINDARI KERUMUNAN MASSA, KPAI SARANKAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DILAKUKAN SECARA DARING   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA TOLAK WACANA PEMBUKAAN SEKOLAH DI ZONA MERAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WALI KOTA BEKASI IZINKAN WARGA YANG TINGGAL DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT JUMAT DI MASJID MULAI PEKAN DEPAN   PEMKOT JAKARTA BARAT FUNGSIKAN MASJID KH HASYIM ASYARI UNTUK ISOLASI PEMUDIK YANG BALIK KE JAKARTA   YLKI TOLAK RENCANA PEMBUKAAN MAL DI DKI JAKARTA PADA 5 JUNI 2020   PSBB DIPERPANJANG, PEMKOT BOGOR PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DAN ARUS KELUAR MASUK   POLDA SUMATERA BARAT SIAPKAN 6.000 PERSONEL UNTUK DUKUNG KEBIJAKAN KENORMALAN BARU   MENTERI PUPR MINTA BADAN PENGEMBANGAN SDM SIAPKAN MODUL “E-LEARNING” DI ERA KENORMALAN BARU   TIDAK PERPANJANG PSBB, PEMKOT MALANG SIAPKAN SKEMA KENORMALAN BARU   PEMKOT SOLO PERPANJANG STATUS KEJADIAN LUAR BIASA VIRUS KORONA HINGGA 7 JUNI 2020   GUBERNUR JATENG AKAN BERI MODAL DAN PELATIHAN KERJA UNTUK WARGA YANG TAK KEMBALI KE JAKARTA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO LARANG WARGA YANG TERLANJUR MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   GUGUS TUGAS COVID-19: WARGA YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA HARUS UNDUH APLIKASI BERSATU LAWAN COVID (BLC)