Kompas TV klik360 cerita indonesia

[FULL] Jokowi Minta Warga Tidak Mudik

Senin, 30 Maret 2020 | 23:31 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo meminta warga untuk tidak melakukan mudik selama wabah virus Covid-19.

Meski demikian, selama delapan hari belakangan, tercatat setidaknya sudah ada 14 ribu lebih warga yang memilih untuk tetap mudik ke kampung halaman menggunakan 876 armada bus. 

"Ini belum dihitung arus mudik dini yang menggunakan transportasi massal lainnya misalnya kereta api maupun kapal, dan angkutan udara, serta menggunakan mobil pribadi," Ujar Jokowi (30/3/2020).

Jokowi mengimbau para kepala daerah untuk menjalankan protokol kesehatan bagi pemudik terlanjur sampai di kampung halaman. Hal ini guna menanggulangi persebaran virus Covid-19.

Salah satu alasan warga mudik adalah karena mereka tidak bisa bekerja di perantauan sejak adanya imbauan bekerja dari rumah, terutama bagi pekerja lepas.

Akibatnya, mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar hidup sehari-hari.

Jokowi meminta kepada jajaran bawahannya, untuk mempercepat program social safety net, yang memberikan jaminan sosial bagi pekerja di sektor informal.

"Karena itu, saya minta percepatan program social safety net, jaring pengaman sosial yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal, dan para pekerja harian, maupun program insentif ekonomi bagi usaha mikro, usaha kecil, betul-betul segera dilaksanakan di lapangan “, kata Jokowi.

Percepatan program social safety net  ini diharapkan dapat membantu pekerja harian dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari selama wabah Covid-19.

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:21
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA