HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Begini Face Shield Buatan ITS untuk RS Rujukan Virus Corona

Senin, 30 Maret 2020 | 15:40 WIB

SURABAYA, KOMPASTV - Begitu pemesanan pelindung wajah dibuka, departemen desain produk fakultas desain kreatif dan bisnis ITS Surabaya langsung kebanjiran pesanan.

Kebutuhan pelindung wajah ternyata tak hanya datang dari rumah sakit rujukan corona tetapi juga dari fasilitas layanan kesehatan lain seperti puskesmas dan rumah sakit biasa.

Pelindung wajah atau face shield ini awalnya dibuat dengan memanfaatkan teknologi 3D printing atau percetakan tiga dimensi.

Namun, demi memenuhi kebutuhan para tenaga kesehatan yang setiap hari harus menghadapi pasien mereka pun bekerja sama dengan asosiasi printer 3D Indonesia dan memanfaatkan prosedur yang lebih efisien. 

Bahan bakunya adalah plastik jenis PET dan HDPE yang mudah ditemui di pasaran.
 
Produksi alat pelindung diri jenis pelindung wajah ini juga melibatkan aparatur sipil negara atau ASN Pemerintah Kota Surabaya.
 

APD produksi Pemkot Surabaya menggunakan bahan baku plastik mika yang dibentuk sedemikian rupa sesuai pola pelindung wajah.

Bersama-sama, ITS dan Pemkot Surabaya akan terus memproduksi alat pelindung diri selama permintaan terus masuk dari institusi kesehatan yang menangani pasien covid-19.

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:39
ANGGOTA DPD JIMLY ASSHIDDIQIE: NORMAL BARU MESTI DIIKUTI KEPATUHAN PROTOKOL COVID   RUSIA BERENCANA UJI KLINIS VAKSIN VIRUS KORONA 2 MINGGU MENDATANG   KOMPLEKS MASJID AL-AQSA DI JERUSALEM KEMBALI DIBUKA MINGGU, 31 MEI 2020   LARANG PEMUDIK KEMBALI KE JAKARTA, BUPATI WONOGIRI TIDAK KELUARKAN SURAT KETERANGAN IZIN MASUK   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENDUGA ADA YANG SALAH PAHAM SOAL DISKUSI FH UNIVERSITAS GADJAH MADA   KEMENDAGRI: KAMI TIDAK LARANG OJEK DARING DAN KONVENSIONAL BEROPERASI   JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA SEBUT RS COVID PULAU GALANG RAWAT 36 PASIEN   WAKIL KETUA MPR AHMAD BASARAH SARANKAN PEMERINTAH TUNDA BERLAKUKAN NORMAL BARU DI SEKTOR PENDIDIKAN    SOAL PENERAPAN NORMAL BARU, PEMPROV BANTEN AKAN DISESUAIKAN DENGAN DKI JAKARTA DAN JAWA BARAT   JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN KORONA: DAERAH WAJIB SOSIALISASI HINGGA SIMULASI SEBELUM TERAPKAN NORMAL BARU   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA: SISWA DI JATIM TETAP BELAJAR DI RUMAH MESKI MASUK FASE NORMAL BARU    GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA PERILAKU DISIPLIN WARGA MALANG RAYA HADAPI KORONA DIPERKUAT   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA SEBUT SEBANYAK 10.863 KENDARAAN DILARANG KELUAR-MASUK JAKARTA KARENA TAK PUNYA SIKM   KEMENDESA PDTT TERIMA 2.645 ADUAN SOAL BANSOS DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DARI DANA DESA