HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Ridwan Kamil Jelaskan Cara Pemprov Jabar Tangani Penyebaran Corona

Minggu, 29 Maret 2020 | 15:05 WIB

KOMPAS.TV - Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil telah mengeluarkan maklumat larangan mudik selama pandemi Corona.

Maklumat menegaskan barang siapa memaksa mudik, otomatis berstatus orang dalam pemantauan dan harus menjalani isolasi selama 14 hari.

Jika yang berstatus ODP tidak mengisolasi diri, polisi akan mengambil tindakan hukum.

Jelang penutupan akses jalan di Kota Tegal, polisi berpatroli di terminal, stasiun dan pelabuhan, untuk mengawasi mobilitas penumpang bus.

Polisi bersama dokter kesehatan memeriksa kondisi setiap penumpang bus.

Isolasi terbatas di kota tegal akan diberlakukan antara 30 Maret hingga 30 Juli 2020, calam rangka mencegah meluasnya wabah virus Corona.

Imbauan agar warga di perantauan tidak mudik dini ke kampung halaman untuk sementara waktu, disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar meminta warga belajar dari kasus penularan Covid-19 dari pasien ke keluarga dan warga sekitar di Solo dan Purbalingga.

Menyusul inisiatif sejumlah daerah untuk menggelar isolasi atau pembatasan akses terbatas, Menko Polhukam, Mahfud MD menyatakan pemerintah tengah menyiapkan rancangan aturan karantina wilayah.

Nantinya, kekarantinaan wilayah akan dikoordinasikan oleh gugus tugas penanganan wabah virus Corona.  

Sementara itu, Kementerian Perhubungan masih menunggu aturan resmi dari pemerintah pusat, jika nantinya ada pelarangan mudik pada lebaran tahun ini.

Saat ini, Kementerian Perhubungan baru sebatas mengimbau, agar warga membatalkan niatnya pulang  kampung, untuk mencegah penularan virus Corona.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

CERITA INDONESIA

Panduan New Normal PT KAI

Minggu, 31 Mei 2020 | 21:44 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:31
ANGGOTA DPD JIMLY ASSHIDDIQIE: NORMAL BARU MESTI DIIKUTI KEPATUHAN PROTOKOL COVID   RUSIA BERENCANA UJI KLINIS VAKSIN VIRUS KORONA 2 MINGGU MENDATANG   KOMPLEKS MASJID AL-AQSA DI JERUSALEM KEMBALI DIBUKA MINGGU, 31 MEI 2020   LARANG PEMUDIK KEMBALI KE JAKARTA, BUPATI WONOGIRI TIDAK KELUARKAN SURAT KETERANGAN IZIN MASUK   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENDUGA ADA YANG SALAH PAHAM SOAL DISKUSI FH UNIVERSITAS GADJAH MADA   KEMENDAGRI: KAMI TIDAK LARANG OJEK DARING DAN KONVENSIONAL BEROPERASI   JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA SEBUT RS COVID PULAU GALANG RAWAT 36 PASIEN   WAKIL KETUA MPR AHMAD BASARAH SARANKAN PEMERINTAH TUNDA BERLAKUKAN NORMAL BARU DI SEKTOR PENDIDIKAN    SOAL PENERAPAN NORMAL BARU, PEMPROV BANTEN AKAN DISESUAIKAN DENGAN DKI JAKARTA DAN JAWA BARAT   JUBIR PEMERINTAH UNTUK PENANGANAN KORONA: DAERAH WAJIB SOSIALISASI HINGGA SIMULASI SEBELUM TERAPKAN NORMAL BARU   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA: SISWA DI JATIM TETAP BELAJAR DI RUMAH MESKI MASUK FASE NORMAL BARU    GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA PERILAKU DISIPLIN WARGA MALANG RAYA HADAPI KORONA DIPERKUAT   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA SEBUT SEBANYAK 10.863 KENDARAAN DILARANG KELUAR-MASUK JAKARTA KARENA TAK PUNYA SIKM   KEMENDESA PDTT TERIMA 2.645 ADUAN SOAL BANSOS DAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DARI DANA DESA