Kompas TV nasional berita kompas tv

Sorotan: Ada Wacana Larangan Mudik Lebaran

Kompas.tv - 28 Maret 2020, 21:13 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Guna mencegah penyebaran virus corona, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub merekomendasikan masyarakat untuk tidak bermudik Lebaran. Terkait rekomendasi ini, Kemenhub tengah mengkaji pemberian insentif dan sanksi bagi masyarakat yang nekat mudik.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubowono X meminta semua pendatang, termasuk pemudik yang baru masuk ke Yogyakarta harus diisolasi selama 14 hari guna dipastikan bebas dari virus corona.

Sedangkan di Jakarta, langkah antisipasi meluasnya virus corona di momen mudik Lebaran juga telah disiapkan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: IDI: Secara Global, Tingkat Sembuh Corona Tinggi

Kemenhub tengah mengkaji pemberian insentif dan sanksi bagi masyarakat yang nekat lakukan mudik. Namun, imbauan larangan mudik dengan pemberian sanksi dan insentif ini mendapat reaksi beragam di masyarakat. Ada yang setuju, tetapi ada pula yang menilai mudik sudah menjadi acara tahunan dan berharap kasus corona segera berakhir.

Diharapkan pemerintah dengan tidak mudik, masyarakat bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona di kampung halaman masing-masing. Butuh upaya bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x