Kompas TV video cerita indonesia

Achmad Yurianto: Imbauan Jaga Jarak Harus Dipatuhi

Kompas.tv - 27 Maret 2020, 17:51 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto sampaikan untuk mematuhi imbauan pemerintah pusat untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.

Jarak sangat dekat kurang dari 150 cm dapat mempermudah penyebaran virus corona karena percikan ludah atau droplet dari kontak dari pasien positif mengenai orang lain yang sehat.

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Jubir Achmad Yurianto Update Terkini Corona di Indonesia

Selain itu, bisa terjadi kontak tidak langsung, misal percikan itu mengenai barang-barang yang sering dipegang oleh orang lain seperti gagang pintu, pegangan saat naik transportasi umum, railing tangga di fasilitas umum dan tidak menerapkan cuci tangan sehingga mempermudah virus tersebut menyebar.

Achmad menekankan infeksi bisa menyebabkan gejala yang ringan dan dia tidak menyadari sehingga hal ini dapat mempermudah penyebaran virus corona.

Dampak virus corona akan muncul lebih serius pada pasien yang memiliki penyakit yang serius sebelumnya.

Baca Juga: Perhatian! 5 Hal Infeksi Virus Corona Tanpa Gejala yang Harus Diketahui

Achmad tekankan kita tidak mengetahui orang positif dengan gejala ringan sehingga perlunya kita untuk menjaga jarak antar orang lain.

Hingga kini (27/3/2020) Pasien positif corona meningkat menjadi 1046 orang, pasien meninggal sebanyak 87 orang dan 46 orang sembuh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x