HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV internasional kompas dunia

Belum Rampung Wabah Virus Corona, Pekerja di China Tiba-tiba Tewas Akibat Hantavirus

Rabu, 25 Maret 2020 | 12:49 WIB
belum-rampung-wabah-virus-corona-pekerja-di-china-tiba-tiba-tewas-akibat-hantavirus
ilustrasi tikus sebagai perantara hantavirus ke manusia. (Sumber: AFP/SANJAY KANOJIA via KOMPAS.COM)

CHINA, KOMPAS TV - Seorang pekerja pria dilaporkan meninggal dunia di dalam bus ketika perjalanan pulang menuju Provinsi Shandong, China.

Bukan virus corona atau Covid-19 yang jadi penyebab pria asal Provinsi Yunnan itu mengembuskan nafas terakhir, melainkan karena virus lain bernama hantavirus.

Dilansir dari China Global Times, pria itu tewas pada Senin (23/3/2020). Kejadiannya bermula pada pukul 23.00 waktu setempat, bus Shandong Leasing Limited Longwei yang berisi dua sopir, seorang petugas medis, dan 30 pekerja di Kota Mengding menempuh perjalanan ke Provinsi Shandong.

Ketika bus melewati distrik Ningshan, Provinsi Shaanxi, petugas medis di dalam bus membantu seorang pekerja yang merasa kurang enak badan. Petugas medis tersebut akhirnya menghubungi call center 120 untuk meminta pertolongan.

Tak lama setelah petugas medis datang untuk memeriksa demam dan indikasi pneumonia, pasien pria itu akhirnya tewas di Kota Ankang, Provinsi Shaanxi, China.

Baca Juga: China Siap Buka Lockdown, Inggris dan Inda Baru Jalankan Karantina Wilayah

Petugas medis menemukan kematian pekerja itu tidak berkaitan dengan virus corona, tetapi virus bernama hantavirus. Hal itu diketahui berdasarkan tes asam nukleat.

Penulis : Tito Dirhantoro

1
2
3



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:44
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: PEMPROV DKI DISTRIBUSIKAN SEMBAKO UNTUK WARGA MISKIN DAN RENTAN MULAI KAMIS, 9 APRIL 2020   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN RESMI TERAPKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR MULAI JUMAT, 10 APRIL 2020   GUBERNUR DKI: SELAMA PSBB DI JAKARTA, INDUSTRI KESEHATAN DAN ORGANISASI SOSIAL TERKAIT KORONA BOLEH TETAP BUKA   POLDA METRO JAYA BERKOORDINASI DENGAN PEMPROV DKI TERKAIT PEMBAHASAN PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR   MENTERI PUPR AKAN ALIHKAN ANGGARAN INFRASTRUKTUR RP 24,53 TRILIUN UNTUK BANTU PENANGANAN KORONA   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN KORONA MINTA WARGA JAKARTA PATUHI PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MINTA TARUNA BANTU TANGANI PANDEMI KORONA   JUBIR PERCEPATAN PENANGANAN KORONA: ASN BEKERJA DI RUMAH HINGGA 21 APRIL 2020   MENLU RETNO MARSUDI IMBAU MAHASISWA DI AUSTRALIA PULANG KE TANAH AIR   MENTERI KEUANGAN SRI MULYANI SEBUT ASN GOLONGAN I, II, DAN III TETAP DAPAT THR DAN GAJI KE-13   MENSOS SEBUT PRESIDEN JOKOWI MINTA BANTUAN SOSIAL BERUPA SEMBAKO UNTUK MASYARAKAT KURANG MAMPU DIANTAR TIAP PEKAN   KETUA BALEG DPR PASTIKAN PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA LIBATKAN SEMUA PIHAK YANG BERKEPENTINGAN