Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Alasan WHO Ganti Social Distancing jadi Physical Distancing

Kompas.tv - 24 Maret 2020, 23:39 WIB
ini-alasan-who-ganti-social-distancing-jadi-physical-distancing
Infografik: Apa Itu Social Distancing? (Sumber: Ilustrasi: Yovieta B)
Penulis : Theo Reza

KOMPAS TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menganjurkan untuk mengganti frasa social distancing menjadi physical distancing.

Frasa ini untuk mengklarifikasi bahwa ada perintah untuk menjaga jarak fisik sehingga dapat mencegah virus agar tidak berpindah ke orang lain, dan tidak berarti bahwa secara sosial kita harus memutuskan hubungan dengan teman ataupun keluarga.

Jadi penggunaan physical distancing diharapkan imbauan yang telah dikeluarkan oleh WHO menjadi jelas, yaitu pembatasan fisik agar virus covid-19 tidak menyebar.

Hal ini tertuang dalam sebuah transkip WHO yang beredar di viral di dunia maya.

Dilansir dari Kompas.com, Dikatakan Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis untuk respons Covid-19 sekaligus kepala unit penyakit dan zoonosis di WHO, saat ini hal yang bisa dilakukan untuk menghindari diri dari virus corona adalah tidak berada di kerumunan atau tempat ramai.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah berada di rumah saja dan mengurangi aktivitas yang tak perlu di luar rumah.

Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

"Namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial dengan orang yang kita cintai, dari keluarga kita," kata Kerkhove.

Alasan itulah yang membuat frasa social distancing diganti menjadi physical distancing. Agar kita menjaga jarak fisik, bukan jarak sosial.

Teknologi saat ini telah sangat maju sehingga kita dapat tetap terhubung dengan banyak cara, tanpa benar-benar secara fisik berada diruangan yang sama.

"Kami mengganti frasa menjadi physical distancing karena kami ingin orang-orang tetap berhubungan," imbuh Kerkhove.

Jadi, manfaatkan internet dan media sosial untuk tetap terhubung dnegan orang terkasih. Seperti dikatakan Kerkhove, kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x