Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Ambisi VS Obsesi

Kamis, 26 Maret 2020 | 06:30 WIB

Ambisi berasal dari khatir (bahasa Arab), dimana khat yang dimaksud adalah intuisi. Hati ini mengeluarkan getaran yang mana getaran itu dinamakan khatir. khat bermakna setruman. Ambisi dan obsesi tidak datang dari kepala melainkan dari hati. pertanyaannya darimana munculnya obsesi macam itu?

Ada intuisi ilahiah (khatiturrahman) yang melahirkan ilham. yang kedua adalah khatirul malaikah atau intuisi malaikat. Intuisi malaikat ini cenderung bersifat mengantisipiasi. yang ketiga khatirul syaitan yang memunculkan ucapan yang buruk yang terakhir adalah khatitur nafs atau getaran nafsu yang mana getaran ini seringkali datang secara tiba-tiba. Sedangkan makna irodah dalam bahasa Arab dapat berarti kehendak atau keinginan yang bisa dinamakan obsesi dan ambisi. Bila keinginan ini muncul dari syaitan itulah dinamakan ambisi, sedangkan keinginan yang muncul akibat malaikat dinamakan obsesi.

Sebagai contoh Kang Rashied menambahkan bahwa KDRT yang terjadi dalam rumah tangga seringkali disebabkan oleh karena over ekspetasi bukan karena obsesi. Seorang istri yang berekspetasi mengharapkan sebelum pernikahan agar ketika menikah dengan suaminya ia dapat memiliki barang-barang lux dan kehidupan yang mewah namun pada kenyataannya saat suaminya tak dapat memenuhi hal tersebut akibatnya terjadi keributan dalam rumah tangga. Namun bila berdasarkan Obsesi akan berbeda hasilnya.   

Editor : Agung Pribadi



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:53
PM INDIA NARENDRA MODI JAMIN KAPASITAS PRODUKSI VAKSIN VIRUS KORONA TAK AKAN TERBATAS DAN EKSKLUSIF   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT SEKTOR PARIWISATA DIFOKUSKAN UNTUK WISATAWAN DOMESTIK HINGGA AKHIR 2020   KEMENTERIAN ESDM OPTIMISTIS TARGET 1 JUTA PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAP TERCAPAI   KEMENTERIAN ESDM DORONG PENGEMBANGAN PROGRAM “RENEWABLE ENERGY BASED INDUSTRY” MELALUI PLTA SKALA BESAR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DUKUNG KONSER DANGDUT YANG DIGELAR WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL DIPROSES HUKUM   POLRI COPOT KAPOLSEK TEGAL SELATAN TERKAIT KONSER DANGDUT YANG DISELENGGARAKAN WAKIL KETUA DPRD TEGAL   IMBAS MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI, PIMPINAN KPK AKAN MELAKUKAN EVALUASI SISTEM KEPEGAWAIAN KPK   WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI MEMINTA MUNDURNYA SEJUMLAH PEGAWAI KPK TAK PERLU DIBESAR-BESARKAN   BALEG DPR SEBUT SANKSI PIDANA TAK DIBAHAS DALAM KLASTER KETENAGAKERJAAN RUU CIPTA KERJA   KONTRAS KECAM PENGANGKATAN DUA ANGGOTA EKS TIM MAWAR SEBAGAI PEJABAT KEMENHAN   GEDUNG DITUTUP SELAMA TIGA HARI, BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA TEGASKAN TAK ADA PEGAWAI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA SEBUT HINGGA SAAT INI TERDAPAT 123 DOKTER MENINGGAL DUNIA SELAMA PANDEMI   JADI KLASTER COVID-19, PEMKAB BANYUMAS AKAN MELAKUKAN TES USAP TERHADAP SANTRI DI SEMUA PONDOK PESANTREN   SEKOLAH TATAP MUKA MASUK TAHAP FINALISASI, WALI KOTA SURABAYA SEBUT GURU & SISWA HARUS MELAKUKAN TES USAP