HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Ambisi VS Obsesi

Kamis, 26 Maret 2020 | 06:30 WIB

Ambisi berasal dari khatir (bahasa Arab), dimana khat yang dimaksud adalah intuisi. Hati ini mengeluarkan getaran yang mana getaran itu dinamakan khatir. khat bermakna setruman. Ambisi dan obsesi tidak datang dari kepala melainkan dari hati. pertanyaannya darimana munculnya obsesi macam itu?

Ada intuisi ilahiah (khatiturrahman) yang melahirkan ilham. yang kedua adalah khatirul malaikah atau intuisi malaikat. Intuisi malaikat ini cenderung bersifat mengantisipiasi. yang ketiga khatirul syaitan yang memunculkan ucapan yang buruk yang terakhir adalah khatitur nafs atau getaran nafsu yang mana getaran ini seringkali datang secara tiba-tiba. Sedangkan makna irodah dalam bahasa Arab dapat berarti kehendak atau keinginan yang bisa dinamakan obsesi dan ambisi. Bila keinginan ini muncul dari syaitan itulah dinamakan ambisi, sedangkan keinginan yang muncul akibat malaikat dinamakan obsesi.

Sebagai contoh Kang Rashied menambahkan bahwa KDRT yang terjadi dalam rumah tangga seringkali disebabkan oleh karena over ekspetasi bukan karena obsesi. Seorang istri yang berekspetasi mengharapkan sebelum pernikahan agar ketika menikah dengan suaminya ia dapat memiliki barang-barang lux dan kehidupan yang mewah namun pada kenyataannya saat suaminya tak dapat memenuhi hal tersebut akibatnya terjadi keributan dalam rumah tangga. Namun bila berdasarkan Obsesi akan berbeda hasilnya.   

Penulis : Agung Pribadi



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
23:19
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 1.503.900 POSITIF KORONA, 340.112 SEMBUH, 89.931 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS MELEBIHI TIONGKOK DAN TERTINGGI DI DUNIA DENGAN 432.579 KASUS   JUMLAH KASUS KORONA DI ITALIA: 139.422 POSITIF KORONA, 26.491 SEMBUH, 17.669 MENINGGAL DUNIA   ASOSIASI KESEHATAN ITALIA (FNOMCEO): 100 DOKTER DI ITALIA MENINGGAL AKIBAT VIRUS KORONA   KBRI SINGAPURA: ADA 45 WNI YANG TERINFEKSI KORONA DI SINGAPURA   SEORANG PERAWAT DI RSUP KARIADI SEMARANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT TERINFEKSI KORONA   NEKAT MUDIK DI TENGAH PANDEMI KORONA, 725 WARGA JOMBANG DIKARANTINA DI GEDUNG SD   MENDAGRI MINTA PEMDA SIAPKAN JARING PENGAMAN SOSIAL HADAPI PANDEMI KORONA   SEBANYAK 3.630 ORANG JALANI "RAPID TEST" KORONA DI DEPOK, 176 DI ANTARANYA POSITIF TERJANGKIT   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PSBB BERTUJUAN UNTUK MENYELAMATKAN KITA DARI PANDEMI KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: OJEK DARING HANYA BOLEH MENGANGKUT BARANG SELAMA PENERAPAN PSBB DI JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: OJEK DARING DILARANG MENGANGKUT PENUMPANG SELAMA PENERAPAN PSBB DI JAKARTA