Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Ambisi VS Obsesi

Kompas.tv - 26 Maret 2020, 06:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Ambisi berasal dari khatir (bahasa Arab), dimana khat yang dimaksud adalah intuisi. Hati ini mengeluarkan getaran yang mana getaran itu dinamakan khatir. khat bermakna setruman. Ambisi dan obsesi tidak datang dari kepala melainkan dari hati. pertanyaannya darimana munculnya obsesi macam itu?

Ada intuisi ilahiah (khatiturrahman) yang melahirkan ilham. yang kedua adalah khatirul malaikah atau intuisi malaikat. Intuisi malaikat ini cenderung bersifat mengantisipiasi. yang ketiga khatirul syaitan yang memunculkan ucapan yang buruk yang terakhir adalah khatitur nafs atau getaran nafsu yang mana getaran ini seringkali datang secara tiba-tiba. Sedangkan makna irodah dalam bahasa Arab dapat berarti kehendak atau keinginan yang bisa dinamakan obsesi dan ambisi. Bila keinginan ini muncul dari syaitan itulah dinamakan ambisi, sedangkan keinginan yang muncul akibat malaikat dinamakan obsesi.

Sebagai contoh Kang Rashied menambahkan bahwa KDRT yang terjadi dalam rumah tangga seringkali disebabkan oleh karena over ekspetasi bukan karena obsesi. Seorang istri yang berekspetasi mengharapkan sebelum pernikahan agar ketika menikah dengan suaminya ia dapat memiliki barang-barang lux dan kehidupan yang mewah namun pada kenyataannya saat suaminya tak dapat memenuhi hal tersebut akibatnya terjadi keributan dalam rumah tangga. Namun bila berdasarkan Obsesi akan berbeda hasilnya.   



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x