Kompas TV nasional berita kompas tv

Cegah Virus Corona, 19 Perjalanan KA Jarak Jauh dari Gambir dan Pasar Senen Dibatalkan

Kompas.tv - 23 Maret 2020, 15:45 WIB
cegah-virus-corona-19-perjalanan-ka-jarak-jauh-dari-gambir-dan-pasar-senen-dibatalkan
ilustrasi rangkaian kereta api jarak jauh (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengurangi sejumlah perjalanan Kereta Api (KA) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

“Hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah, di mana masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya,” ujar Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Baca Juga: KAI Edukasi Penumpang Kereta Api Cegah Penyebaran Corona

Terhitung mulai Senin (23/3/2020), perjalanan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami penyesuaian berupa pengurangan operasional KA. 

Dalam kurun waktu 23 Maret - 1 April 2020 terdapat 19 KA yang mengalami pembatalan perjalanan. 

Adapun KA yang mengalami pembatalan operasional merupakan pemberangkatan jadwal yang memiliki jarak berdekatan dengan daerah tujuan yang sama, sehingga calon penumpang memiliki pilihan jadwal KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan pada hari tersebut.

“Akan dibantu oleh petugas untuk proses pengalihan jadwal keberangkatannya,” tutur Eva.

PT KAI Daop 1 berupaya terus melakukan pengaturan agar para pengguna tetap memiliki jarak tertentu di dalam kereta.

Sebab, saat ini volume penumpang pada KA Jarak Jauh tidak sepadat waktu normal dan jadwal KA yang dibatalkan merupakan jadwal dengan okupansi volume penumpang yang tidak padat.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan calon penumpang yang memiliki tiket perjalanan KA pada kurun waktu pembatalan KA (23 Maret – 1 April 2020):

• Bagi calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket KA sesuai jadwal pembatalan KA yang sudah ditentukan, maka akan dialihkan ke jadwal KA lain jika tetap memutuskan akan berangkat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x