Kompas TV video cerita indonesia

Begini Suasana Wisma Atlet Sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 22:04 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Wisma Atlet Kemayoran dijadikan sebagai rumah sakit darurat penanganan covid-19. Terdapat beberapa ruangan yang nantinya akan dijadikan sebagai perawatan khusus para penderita virus corona.

Kondisi bangunan telah didukung dengan peralatan medis yang sesuai dengan standart WHO untuk merawat pasien yang terjangkit virus corona.

Khususnya di tower 7 telah disiapkan beberapa ruangan seperti Ruang Isolasi, IGD, ICU dan Ruang pemulihan.

Sebelumnya Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan 2.400 kamar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, siap dipakai untuk penanganan Covid-19 mulai Senin (23/3/2020) besok.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, wisma atlet dapat dimanfaatkan sebagai rumah sakit sekaligus tempat isolasi.

Meski demikian, wisma atlet ini dikhususkan untuk pasien dengan gejala Covid-19 ringan.

“ Ini sebuah kesatuan, dimana rumah sakit, ini akan menjadi seperti isolasi juga. Jadi rumah sakit yang berkelebihan  tapi keluhannya ringan, gejalanya ringan sebenarnya tidak perlu di rumah sakit, bisa digeserkan ke sini. Sehingga rumah sakit bisa fokus menangani pasien yang kondisinya berat “, ujar Terawan kepada wartawan saat memberikan keterangan pers, Jakarta, (22/3/2020).

Hingga saat ini, jumlah pasien yang positif terinfeksi virus Covid-19 ini adalah 514 orang. Sebanyak 48 orang di antaranya meninggal dunia, dan 29 orang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x