Kompas TV regional berita daerah

Bila Ditemukan 1 Kasus Positif Corona di Mimika, Bupati: Langsung Lockdown!

Kompas.tv - 19 Maret 2020, 20:05 WIB
bila-ditemukan-1-kasus-positif-corona-di-mimika-bupati-langsung-lockdown
Bupati Mimika Eltinus Omaleng (Sumber: KOMPAS.COM/IRSUL PANCA ADITRA)
Penulis : Idham Saputra

MIMIKA, KOMPASTV - Pemerintah Kabupaten Mimika, Povinsi Papua memastikan akan tetap melakukan lockdown bila ditemukan satu kasus positif virus corona atau covid-19.

Menurut Bupati Mimika Eltinus Omaleng, lockdown tetap akan dilakukan bila ditemukan satu kasus positif corona.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Anggaran Sudah Siap jika Indonesia Lockdown, tapi Masalahnya...

Langkah ini tetap diambil karena menurut bupati hal ini merupakan tanggung jawab daerah agar tidak ada penyebaran virus tersebut.

“Langsung lockdown, tidak mau tahu saya,” tegas Eltinus. “Di daerah kami punya tanggung jawab. Jadi, kalau mulai gejala atau sudah positif, itu sudah lockdown sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.”

Meski demikian, langkah antisipasi pencegahan dan penanganan covid-19 terus digalakkan pemerintah Kabupaten Mimika dengan membentuk gugus tugas yang melibatkan stakeholder lainnya.

Baca Juga: KKB Dikabarkan Bakar Gereja di Tembagapura, Begini Respons Kapolda Papua

Salah satunya dengan mempersiapkan sarana dan prasana penanganan pasien covid-19 di RSUD Kabupaten Mimika dan pengawasan di bandara dan pelabuhan serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pencegahan covid-19 tersebut, seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta menjaga jarak satu meter. 

Sementara itu, menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra memastikan bahwa hingga Kamis (19/3/2020) sore belum ada pasien dalam pengawasan maupun orang dalam pemantauan Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x