Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kisah Carwani Pawang Harimau dari Aceh

Kamis, 19 Maret 2020 | 10:00 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Inilah Kakek Carwani Sabi yang berusia 84 tahun. Ia adalah pawang harimau satu-satunya asal Aceh Barat. Secara turun temurun keluarga Carwani mampu berkomunikasi dan menjinakkan harimau.

Di saat ada konflik antara harimau dengan manusia di Aceh, kakek Cawani lah yang menjadi andalan warga untuk mengusir harimau untuk translokasi ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga.

Seperti pada saat pengusiran dan penangkapan harimau yang berkonflik dengan warga Singersing, Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam.

Tiga ekor harimau Sumatera yang berkonflik dengan warga Singgersing, satu di antaranya telah berhasil ditangkap dengan menggunakan kandang jebak awal bulan lalu. Sementara dua ekor lainnya sudah berhasil diusir jauh dari pemukiman warga.

Ilmu pawang harimau ini diwarisi langsung dari ayahnya. Ia mulai menekuni kemampuan berkomunikasi dengan harimau sejak tahun 1970.

Kini, Ia mulai mendidik anaknya bernama Jauhari agar dapat meneruskan pengabdian kepada masyarakat dan menjaga kelestarian harimau Sumatera di Aceh.

Editor : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:43
DISKON 50% BELANJA BUKU, KAOS, DAN KOMPAS DIGITAL DI GERAI KOMPAS. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/HEMATSATU   RUSIA KIRIM 5 PESAWAT BERISI BANTUAN KEMANUSIAAN KE LEBANON PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   JELANG HUT KE-75 RI, PEMPROV BENGKULU AKAN MEMBERIKAN SANKSI BAGI WARGANYA YANG TAK PASANG BENDERA MERAH PUTIH   PEMKOT AMBON, MALUKU, WAJIBKAN ASN TES "SWAB" SETIAP BULAN GUNA CEGAH KLASTER PERKANTORAN   BUPATI POLEWALI MANDAR, SULBAR, ANDI IBRAHIM MASDAR, BERKANTOR DI TEMPAT TERBUKA KARENA KHAWATIR TERTULAR KORONA   PEKAN DEPAN, SD DAN SMP DI KOTA MALANG AKAN DIBUKA UNTUK SIMULASI MESKI MASIH BERSTATUS ZONA MERAH   SEKRETARIS BAPPEDA KALSEL, HADI PURWANTO, MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI KORONA   KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT SEBUT BP3TKI MAKASSAR TAK SIAP TAMPUNG RIBUAN TKI YANG DIDEPORTASI DARI MALAYSIA   POLRES DEPOK AKAN BERLAKUKAN SISTEM ELEKTRONIK PADA SEPTEMBER 2020   AKAN MAJU PILKADA, MUHAMAD RESMI MUNDUR DARI JABATAN SEKDA TANGSEL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT KEMACETAN DI PERKOTAAN SANGAT BERDAMPAK PADA PEREKONOMIAN INDONESIA   PENUTUPAN OPERASI PATUH JAYA, 1.169 PENGENDARA DI KOTA TANGERANG KENA TILANG   POLISI SEBUT PENGENDARA SEPEDA MOTOR JADI PELANGGAR TERBANYAK DALAM OPERASI PATUH JAYA DI JAKARTA TIMUR   SEBANYAK 93 PENGENDARA KENA TEGUR DALAM SOSIALISASI GANJIL-GENAP DI JALAN GUNUNG SAHARI, JAKARTA UTARA