Kompas TV internasional kompas dunia

Pasien Pertama di China Ditemukan, Seorang Berumur 55 Tahun dari Hubei

Kamis, 19 Maret 2020 | 06:10 WIB
pasien-pertama-di-china-ditemukan-seorang-berumur-55-tahun-dari-hubei
Petugas medis membawa seorang pasien yang terinfeksi virus corona, ke rumah sakit Jinyintan, di Kota Wuhan, China, Sabtu (18/1/2020). (Sumber: AFP/STR/CHINA OUT)

CHINA, KOMPASTV - Pemerintah China menemukan pasien pertama virus corona. Pasien tersebut disebutkan berusia 55 tahun berasal dari provinsi Hubei, China.

Seperti dilaporkan South Morning China Post, kasus pertama ini tercatat muncul pada 17 November 2019. Sejak tanggal itu satu hingga lima kasus baru dilaporkan setiap harinya. 

Jumlah pasien terus bertambah, pada 15 Desember 2019, total pasien yang terinfeksi mencapai 27 orang dan berkembang menjadi 60 pasien di periode 17 hingga 20 Desember 2019.

Baca Juga: 3 Warga Kasus Awal Terkena Virus Corona Sembuh dan Unjuk Diri di Publik

Pada 27 Desember, Zhang Jixian, seorang dokter dari Rumah Sakit Pengobatan Terpadu
Cina dan Barat China Provinsi Hubei, memberi tahu otoritas kesehatan China bahwa penyakit itu disebabkan oleh virus corona baru. Namun saat itu sudah lebih dari 180 orang telah terinfeksi.

Pada hari terakhir 2019, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi 266 kasus. Di hari pertama tahun 2020, jumlahnya mencapai 381 kasus .

Ditemukannya pasien pertama ini membantu para ilmuan untuk melacak sumber virus corona yang dianggap bersumber dari binatang buas dan menularkan ke manusia.  Dari pasien pertama ini ilmuan kemungkinan dapat mengidentifikasi hewan inang tempat virus bersembunyi. 

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:20
MENTERI KESEHATAN BELANDA: PELUNCURAN VAKSIN COVID-19 JOHNSON & JOHNSON BELUM PASTI   JPU HADIRKAN 5 SAKSI DALAM SIDANG KASUS TES USAP PALSU RIZIEQ SHIHAB, SALAH SATUNYA WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA   MUNCUL BIBIT SIKLON TROPIS 94W, BPBD DKI KELUARKAN PERINGATAN CUACA EKSTREM BERKISAR ANTARA 15-16 APRIL 2021   DPRD MALUKU IMBAU MASYARAKAT PATUHI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAPOLDA SUMATERA BARAT DUKUNG PELAKSANAAN "EVENT" OLAHRAGA DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   WAKIL GUBERNUR PAPUA: MASYARAKAT SEKITAR "VENUE" PON WAJIB VAKSINASI COVID-19   WAKIL KETUA KOMITE I DPD FERNANDO SINAGA INGATKAN PEMPROV KALTARA ENTASKAN 208 DESA TERTINGGAL   IDI SEBUT VAKSIN TIONGKOK MASIH LAYAK DIGUNAKAN, EFIKASI MASIH DI ATAS AMBANG BATAS YANG DITETAPKAN WHO    MRT JAKARTA IZINKAN PENUMPANG BERBUKA PUASA DI DALAM GERBONG KERETA DENGAN AIR PUTIH DAN KURMA   DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA: JANGAN TAKUT VAKSINASI SELAMA BERPUASA   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN INGATKAN KPK JANGAN JADI ALAT POLITIK DAN KEKUASAAN   KEJAR ASET OBLIGOR BLBI, PEMERINTAH SIAPKAN UPAYA GIJZELING ATAU PENYANDERAAN BADAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERUPAYA TUNTASKAN VAKSINASI WARGA LANSIA DI JAKARTA SEBELUM HARI RAYA IDUL FITRI   WEBINAR "BAHASA & KALIMAT EFEKTIF" BERSAMA PENYELERAS BAHASA HARIAN KOMPAS DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!