Kompas TV video tahu gak sih lo?

Sosok Nama di Balik RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso

Kompas.tv - 18 Maret 2020, 17:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPASTV – Nama Sulianti Saroso menjadi begitu populer di tengah merebaknya berita mengenai covid-19 atau virus corona.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso menangani pasien yang mengidap penyakit covid-19.

Sulianti Saroso, bernama lengkap Julie Sulianti Saroso adalah seorang dokter yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan membantu menyediakan makanan dan obat-obatan.

Setelah menempuh sekolah kedokteran, ia sempat menjadi tenaga medis di rumah sakit GBZ atau sekarang dikenal dengan nama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Ia juga dikenal karena perjuangannya memberikan gagasan mengenai tingkat angka kelahiran di Indonesia yang begitu tinggi sehingga ia menganjurkan penggunaan alat kontrasepsi. Namun, gagasannya ini yang ia sampaikan melalui media massa radio dianggap kurang sopan oleh pemerintah, khususnya wakil presiden Indonesia saat itu, Muhammad Hatta.

Ia pernah menjabat sebagai anggota badan eksekutif dan juga presiden majelis kesehatan dunia. Dedikasi dan prestasinya terhadap dunia kesehatan, terutama di Indonesia, membuat namanya diabadikan menjadi nama sebuah rumah sakit. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x