Kompas TV regional berita daerah

Periksa Kesehatan ke Rumah Sakit, Kakek 75 Tahun Malah Kena Virus Corona

Kompas.tv - 17 Maret 2020, 18:52 WIB
periksa-kesehatan-ke-rumah-sakit-kakek-75-tahun-malah-kena-virus-corona
Virus Corona (Covid-19) terdeteksi di Singapura (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro

TANJUNGPINANG, KOMPAS TV - Seorang kakek berusia 75 tahun, warga Tanjungpinang, Kepulauan Riau dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Tjetjep Yudiana.

“Saat ini pasien tersebut berada di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang,” kata Tjetjep seperti dikutip Kompas.com pada Selasa (17/3/2020).

Tjejep menjelaskan, sang pasien memang memiliki riwayat berpergian ke luar negeri. Namun bukan untuk jalan-jalan, melainkan ke salah satu rumah sakit yang ada di Johor Bahru, Malaysia untuk memeriksakan kesehatannya.

Baca Juga: Achmad Yurianto Ungkap Penyebab Jakarta Paling Banyak Kasus Pasien Positif Corona

"Yang bersangkutan pergi ke Malaysia tanggal 5 Maret 2020, sampai di Malaysia pukul 12.00 waktu setempat di Stulang Laut," ujar Tjejep. 

"Dari sana pasien ke Rumah Sakit memeriksakan kesehatannya dan setelah itu sorenya balik ke Tanjungpinang. Jadi tidak menginap, akan tetapi pulang hari."

Pada 10 Maret 2020, pasien mulai mengeluhkan sakit. Berawal dari dari batuk dan pilek. Kemudian mual-mual. Dua hari berikutnya, pasien berobat kepada seorang dokter di salah satu klinik di Tanjungpinang.

Bukan membaik, kondisi pasien justru semakin menurun hingga akhirnya di rujuk ke rumah sakit pada 13 Maret 2020.

Baca Juga: Kominfo Temukan 232 Berita Hoaks Corona

"Tanggal 14 Maret pasien diambil swap tenggorokannya, dan tanggal 17 Maret diketahui hasilnya positif bahkan juga telah diumumkan juru bicara untuk penanganan Covid-19 virus corona, dr Achmad Yurianto," ujar Tjetjep.

Tak hanya pasien tersebut, kata Tjetjep, keluarga pasien juga ikut diobservasi dan telah diambil tes spesimennya atau swap tenggorokannya sejak 16 Maret 2020. 

Lebih lanjut, Tjejep menuturkan, selain menelusiri keluarga pasien pihaknya juga tengah melakukan penelusuran di Tanjungpinang. Ini untuk memastikan sepulang dari Malaysia pasien telah kontak dengan siapa saja.

Lebih lanjut, Tjejep menuturkan, untuk melakukan penelusuran dan pengecekan terhadap kontak primer, kontak sekunder dan kontak tersier, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Kepulauan Riau.

Tidak hanya itu, Tjetjep juga berharap peran aktif masyarakat apabila ada yang merasa telah melakukan kontak dengan pasien, bisa memeriksakan dirinya ke RSUP Raja Ahmad Thabib.

Baca Juga: Patut Ditiru! Artis Korea Sumbang Miliaran Rupiah Perangi Virus Corona

"Alhamdulillah sejuah ini pihak kepolisian memberikan respon positif terhadap bantuannya dalam melakukan peneulusuran terdahap siapa saja yang telah kontak langsung dengan Pasien," imbuh Tjetjep.

Tjetjep mengaku apa yang dilakukan ini merupakan salahbsatu uapaya cegah tangkal karena telah terdapat satu pasien yang dinyatakan positif corona.

"Mudah-mudahan dengab upaya ini, virus ini tidak melebar, karena peran aktif masyarakat sangat-sangat membantu sekali dalam memaksimalkan memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut," ujar Tjetjep.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x